Baghdad, LiputanIslam.com –  Militer Irak menyatakan belasan petinggi kelompok teroris ISIS tewas terkena serangan udara Irak terhadap tempat pertemuan para petinggi ISIS di mana pemimpin besarnya, Abu Bakar al-Baghdadi, diduga menghadirinya, tapi tak jelas bagaimana nasibnya.

Pasukan operasi gabungan Irak dalam statemennya yang dirilis, Senin (13/2/2017), menyatakan bahwa para petinggi ISIS Sabtu lalu berkumpul di kota kecil al-Qaim, provinsi Anbar, Irak Barat, kemudian diserang jet tempur Irak sehingga tak kurang dari 13 pemimpin ISIS tewas.

Statemen itu menyebutkan nama para tokoh ISIS yang tewas, tapi nama Abu Bakar al-Baghdadi tidak termasuk di dalamnya, dan tidak disebutkan pula apakah dia terluka atau tidak.

Minggu lalu beberapa sumber menyebutkan al-Baghdadi kemungkinan menderita luka kemudian dilarikan ke wilayah Suriah.

“Sel-sel intelijen telah memantau pergerakan sebuah konvoi yang memindah al-Baghdadi dari kawasan Raqqah, markas utama ISIS di Suriah, ke kawasan al-Qaim melalui perbatasan…  Satu konvoi yang terdiri atas tiga mobil Land Cruiser telah bergerak dari provinsi Raqqah pada 9/2/2017 dan berhenti di kawasan al-Suwai’iyyah di sekitar Albu Kamal, dan pada hari berikutnya mobil-mobil itu diganti dengan beberapa truk di kawasan Albu Kamal, ” ungkap militer Irak.

Militer Irak menambahkan, “Di situ juga terdapat drone yang dikendalikan oleh petugas mereka yang berjulukan Abu Ammar al-Iraqi dari kota Samarra… Konvoi itu bergerak ke kawasan al-Obeidi dan berhenti di tempat yang dinamai Diwan al-Khilafah (Dewan Kekhalifahan) yang terkait dengan seseorang yang memiliki julukan Abu Khalil al-Ghazawi.”

Dijelaskan pula bahwa al-Baghdadi saat itu dibarengi oleh Abu Abdillah al-Anbari alias Abu Janat al-Rawi, pejabat bidang keamanan, dan enam petinggi ISIS lainnya.

Jet tempur F-16 milik Irak kemudian menggempur tempat pertemuan mereka pada Sabtu 11 Februari, tapi statemen itu tidak menyebutkan apakah al-Baghdadi ada di sana ketika serangan terjadi.

“Serangan udara langsung terhadap tempat pertemuan ini menewaskan 13 petinggi teroris ISIS,” lanjut statemen itu.

Militer Irak juga melaporkan bahwa puluhan anggota ISIS lainnya juga terbunuh akibat serangan udara lain di kawasan yang sama.

Perdana Menteri Irak Haider Abadi 7 Februari lalu mengatakan otoritas Irak mengantongi informasi tempat keberadaan gembong ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

Saat ditanya mengenai apakah al-Baghdadi berada di Mosul yang sebagian besarnya sudah direbut lagi oleh pasukan Irak, Abadi mengatakan, “Saya tidak ingin mengungkapkan apapun soal ini, ada data-data tertentu mengenai di mana dia berada.”(mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL