drone AS attackIslamabad, LiputanIslam.com – Sedikitnya 13 militan yang terafiliasi dengan gerakan Taliban Pakistan tewas akibat serangan pesawat nirawak Amerika Serikat (AS) terhadap markas militan di kawasan adat di bagian tenggara Afghanistan.

Sebagaimana dilaporkan Rai al-Youm, sumber-sumber keamanan Pakistan yang tak disebutkan namanya Selasa (24/3/2015) mengatakan bahwa belasan militan yang tewas itu adalah anggota Askar al-Islam, yaitu kelompok bersenjata yang eksis di kawasan adat Khaibar, empat pemimpin yang terafiliasi dengan Taliban Pakistan serta beberapa anggota kelompok Abdullah Azzam dan jaringan Haqani.

“Serangan terjadi ketika beberapa pimpinan militan menggelar sebuah pertemuan penting, dan ketika para pemberontak sedang menyiapkan mobil untuk melancarkan serangan bunuh diri,” kata sebuah sumber.

Dia menyebutkan menyebutkan bahwa dalam peristiwa yang terjadi di Jalur Nazyan, provinsi Nangahar, Aghanistan, pada Senin (23/3/2015) itu korban tewas yang semula berjumlah sembilan orang bertambah menjadi 13 orang.

Kelompok Askar al-Islam pimpinan Munghal Bagh belakangan ini menyatakan bergabung dengan gerakan Taliban Pakistan, yaitu kelompok militan yang dideklarasikan pada tahun 2007 untuk memerangi pemerintah Islamabad, sedangkan jaringan Haqani adalah kelompok militan yang terlibat dalam beberapa operasi serangan terhadap pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Afghanistan.

AFP melaporkan bahwa misi baru NATO di Afghanistan sekarang ialah melancarkan “serangan dengan target terbatas” di Jalur Nazyan, namun kantor berita Perancis ini tidak menyebutkan hasil misi itu.

Serangan baru terjadi ketika Ashraf Ghani Ahmadzai yang menjabat sebagai presiden Afghanistan sejak September 2014 melakukan kunjungan resmi perdananya ke AS dengan agenda antara lain membahas jadwal penarikan lebih dari 12500 tentara asing, termasuk 10,000 tentara AS, dari Afghanistan.

Dalam pertemuan Ahmadzai dengan Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih Selasa (24/3/2015) juga dibicarakan rekonsiliasi nasional Afghanistan serta perdamaian pemerintah Kabul dengan gerakan Taliban Afghanistan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*