DSyrian-Air-Force_MiG-21amaskus, Liputan Islam.com – Sebanyak 16 anggota militan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dan puluhan lainnya cidera dihajar angkatan udara Suriah di beberapa lokasi di kota kecil al-Muhasan, provinsi Deir al-Zor, yang berjarak 100 kilometer dari perbatasan negara ini dengan Irak Sabtu (21/6/2014), demikian dilaporkan TV al-Alam, Ahad (22/6/2014).

Para saksi mata mengatakan bahwa serangan udara Suriah juga menimpa beberapa lokasi di dekat kota al-Bukamal yang juga tak jauh dari perbatasan negara ini dengan Irak, namun tidak ada laporan mengenai akibat serangan ini.

Al-Muhasan terletak di dekat bandara militer Deir al-Zor. Bandara ini sejak lebih dari satu tahun silam hendak dikuasai oleh militan namun selalu gagal. ISIS berhasil menguasai al-Muhasan pada Jumat lalu dari tangan kelompok-kelompok militan lain setelah terlibat pertempuran sengit mereka. Sejak sekitar dua bulan lalu kerap terjadi kontak senjata antara ISIS dan kelompok pemberontak Suriah di provinsi Deir al-Zor.

Sementara itu, tiga orang tewas dan lebih dari 20 orang lainnya cidera, termasuk beberapa anak kecil, akibat ledakan bom mobil di Suq al-Hal, provinsi al-Hasakah, Suriah. Sumber setempat menyebutkan bahwa teroris telah meledakkan bom mobil di sebuah lokasi yang padat pejalan kaki. Selain menewaskan tiga orang dan mencirai puluhan lainnya, ledakan itu juga menyebabkan banyak kerusakan pada banyak mobil dan bangunan.

Seperti diketahui, Suriah dilanda perang akibat pemberontakan dan terorisme yang terjadi sejak Maret 2011. Perang dilaporkan telah menewaskan lebih dari 160,000 orang serta menyebabkan jutaan penduduk terpaksa mengungsi untuk menghindari kekerasan. Kubu pemberontak dan kelompok-kelompok ekstrimis yang beraksi di Suriah didukung penuh oleh Barat dan sejumlah negara sekutunya di Timur Tengah, khususnya Qatar, Saudi Arabia dan Turki. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL