serangan rusia di suriah2Damaskus, LiputanIslam.com – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menyatakan serangan udara Rusia di Suriah sejauh ini telah menghancurkan 19 markas kelompok teroris ISIS.

Sebagaimana dilansir IRNA, Kemhan Rusia dalam statemennya Kamis (8/10) juga menegaskan bahwa gempuran jet-jet tempur Rusia yang dimulai sejak Selasa pekan lalu terhadap posisi-posisi ISIS di berbagai wilayah Suriah telah menyebabkan banyak teroris kabur dari kawasan yang mereka kuasai.

Secara lebih rinci Kemhan Rusia menyatakan sebanyak 110 target di beberapa wilayah yang dikuasai ISIS dan kelompok-kelompok teroris lainnya hancur terkena gempuran jet tempur Rusia. Selain itu empat kapal perang Rusia di Laut Kaspia Rabu lalu (7/10) juga telah meluncurkan 26 rudal yang semuanya tepat mengenai sasaran.

Sasaran-sasaran yang hancur dalam beberapa hari serangan Rusia antara lain berupa 71 mobil pengangkut personil, 30 mobil lapis baja, 19 markas komando, dua pusat komunikasi, 23 gudang senjata dan bahan bakar, enam pabrik pembuat bahan peledak, beberapa posisi artileri dan kamp pelatihan.

Beberapa laporan lain menyebutkan pasukan teroris kocar-kacir sehingga banyak yang kabur ke Yordania dan Turki, dan ada pula yang menjadikan warga sipil sebagai perisai dengan cara melarikan dan mengamankan persenjataan dan kendaraan-kendaraan lapis baja mereka ke lokasi-lokasi permukiman.

Sumber lokal di provinsi Ninawa, Irak, menyebutkan bahwa gembong ISIS Abu Bakar al-Baghdadi yang diklaim kelompok takfiri ini sebagai khalifah umat Islam telah dilarikan bersama jajaran petinggi ISIS lainnya dari Raqqah, Suriah, ke tempat lain menyusul gencarnya serangan udara Rusia terhadap posisi-posisi ISIS di Raqqah.

Menurut sumber itu, Al-Baghdadi berpindah-pindah tempat dalam bersembunyi agar lolos dari serangan udara Rusia.
Sementara itu, Alalam melaporkan pasukan Suriah dalam serangan daratnya yang dimulai Rabu lalu berhasil membebaskan suatu area seluas 70 km persegi di Rif Hama yang semula dikuasai pasukan Jaish al-Fath.

Sumber-sumber militer Suriah menyatakan bahwa pasukan darat Suriyah yang dibantu pasukan udara Suriah dan Rusia telah merebut kembali beberapa distrik, yaitu Latmin, Moarkabah, Atshan, al-Huwair, Kfar Nabudah, al-Maghir, Tel al-Sakhar dan Tel Uthman di Rif Hamah bagian barat laut.Sumber-sumber itu juga menyatakan bahwa sebuah lembaga militer baru dalam pasukan Suriah sudah mengabdi melalui pertempuran itu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL