karikatur mesirKairo, LiputanIslam.com – Keberjajaran beberapa negara Arab Teluk Persia (Saudi, Kuwait,Bahrain, Qatar dan Uni Emirat Arab) sebagai satelit Amerika Serikat bukan rahasia lagi di mata khalayak Timur Tengah atau bahkan dunia. Sejak dulu mereka dikenal sebagai kacung dan pelayan AS. Karena itu, tak heran jika kali ini,tepatnya Senin (21/3), surat kabar Mesir al-Masry al-Youm memuat karikatur yang memperolok rezim-rezim Arab Teluk itu pada momen peringatan Hari Ibu (Mother’s Day).

Sebagaimana dilansir portal berita Arabi21, al-Masry al-Youm memuat karikatur karya karikaturis Amr Sulaim yang menggambarkan bahwa rezim-rezim Arab Teluk sudah sedemikian jatuh ke pangkuan AS sehingga negara adidaya ini seolah menjadi ibu bagi mereka.

Dalam karikatur itu digambarkan dua emir Arab Teluk sedang membahas tips untuk memuaskan dan mendapatkan kerelaan dari pemerintah Washington, termasuk dengan memberikan hadiah, khususnya pada peringatan Hari Ibu yang dirayakan oleh banyak khalayak dunia pada berbagai momen di bulan Maret.

Di bagian kanan karikatur terlihat seorang petugas keamanan Mesir yang digambarkan sebagai petugas keamanan Liga Arab, sementara di bagian kiri tergambar dua pemimpin Arab Teluk dengan pakaian adatnya, yaitu gamis putih dan tali igal hitam yang mengikat serban penutup kepala yang juga berwarna putih. Salah seorang diantara keduanya berkata, “Kesepakatan kita adalah demi kerelaannya… sebagai persembahan hadiah untuk AS di Hari Ibu.”

Seperti diketahui, belum lama ini negara-negara Arab anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan kemudian Liga Arab membuat deklarasi pertemuan yang isinya antara lain menyebut gerakan perjuangan Islam Lebanon Hizbullah sebagai teroris. Padahal, dosa Hizbullah selama ini hanyalah melawan Israel sehingga juga sangat dimusuhi AS, sebelum kemudian terlibat dalam perang di Suriah demi membantu pemerintah Damaskus melawan fenomena terorisme kaum takfiri yang praktis juga mengancam Lebanon.

Menurut pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, deklarasi itu adalah hasil tekanan klan al-Saud yang berkuasa di Saudi. (Baca: Nasrallah: Israel Gemetar Kami Mengincar Fasilitas Amonia(mm)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL