Beirut, LiputanIslam.com –  Situs berita al-Ahed, Selasa (22/8/2017), memuat analisa tentang prestasi militer baru Hizbullah di Suriah yang membuat Israel semakin gelisah membayangkan perang yang hampir pasti akan berkobar antara Hizbullah dan Israel di masa mendatang.

Situs yang berbasis di Lebanon ini menyebutkan bahwa koran Maariv milik Israel telah mengulas gambar-gambar yang dihasilkan oleh nirawak-nirawak Hizbullah di Suriah, kemudian menyinggung adanya kerisauan para petinggi militer Israel di kawasan utara Israel alias Palestina pendudukan 1948 yang berbatasan dengan Lebanon serta keraguan mereka terhadap kemampuan Israel menangkal serangan Hizbullah.

Serangan pesawat-pesawat nirawak Hizbullah terhadap posisi-posisi kawanan teroris ISIS di kawasan Qalamoun barat, Suriah, mengundang perhatian media Israel. Menurut mereka, gambar-gambar yang dipublikasi oleh Hizbullah untuk memamerkan kemampuan serangannya itu dapat mengubah perimbangan kekuatan dalam perang mendatang sehingga meresahkan para pakar Isael.

Kan TV milik Israel menyiarkan rekaman video nirawak Hizbullah dan menyebutnya pertanda adanya kemampuan Hizbullah di luar apa yang telah diketahui selama ini.

“Ini memang bukan pertama kalinya Hizbullah memperlihatkan kemampuan sedemikian rupa, tapi penggunaan senjata ini sekarang tepat setelah diumumkannya gencatan senjata di barat daya Suriah telah melipat gandakan kerisauan Tel Aviv terhadap fakta-fakta keamanan Suriah yang memungkinkan Iran dan Hizbullah bertindak lebih leluasa.”

Yitsak Ben Israel pakar keamanan dari Univesitas Tel Aviv dalam wawancara dengan Kan TV mengatakan, “Penggunaan nirawak ini oleh Hizbullah telah membantunya dalam mengobarkan perang urat saraf.”

Wartawan TV Kan di Israel mengatakan, “Gambar-gambar yang terpublikasi menunjukkan bahwa kita berhadapan dengan Hizbullah yang kemampuannya yang berbeda total dengan kondisinya pada tahun 2006. Hizbullah adalah pasukan yang sepenuhnya lebih terlatih dan memiliki perlengkapan yang berbeda dengan dulu.”

Dia menambahkan, “Hizbullah bukanlah sebuah organisasi biasa, melainkan benar-benar telah berubah menjadi sebuah angkatan bersenjata, baik dalam hal pendidikan maupun perlengkapannya, dan tentara Israel menyadari hal ini sepenuhnya.”

Alon Ben David, jurnalis militer Israel, juga berbicara tentang nirawak Hizbullah dan mengakui bahwa Hizbullah memiliki pesawat canggih yang membuatnya memiliki kemampuan ofensif lebih besar.

“Gambar-gambar ini merupakan tindakan operasional pasukan udara Hizbullah yang telah menunjukkan kemampuan serangannya dengan rekeman video, karena itu manuver seperti ini tak boleh disepelekan,” pungkasnya.

Media perang Hizbullah belum lama ini memublikasi rekaman video pembombardiran posisi-posisi ISIS di kawasan Qalamoun barat, Suriah, dekat perbatasan Lebanon.  Beberapa kubu pertahanan porak poranda dilumat serangan udara tersebut.

Hibzullah memulai operasi pembersihan kawasan itu dari kelompok teroris sejak Sabtu pekan lalu dengan sandi “Kalian Datang Maka Kami Datang.” Bersamaan dengan operasi ini, tentara Lebanon juga memulai operasi penumpasan ISIS dari kawasan pegunungan timur Lebanon dengan sandi “Fajar Jaroud.” Dua operasi militer tersebut sejauh ini telah berhasil membebaskan sebagian besar wilayah pedalaman yang semula menjadi tempat persembunyian ISIS.  (mm/irna/abna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL