جنود اسرائيليون يقعون في كمائن للمقاومة بغزةGazaCity, LiputanIslam.com – Sumber-sumber Israel mengakui sejumlah tentaranya tewas dan beberapa lainnya cidera akibat kontak senjata dengan para pejuang Palestina di kawasan utara Jalur Gaza tak lama setelah pasukan darat Israel memasuki kawasan tersebut Jumat (18/7). Sementara jumlah syuhada Palestina terus membengkak menjadi sedikitnya 265 orang.

Sebagaimana dilaporkan al-Alam, militer Israel dalam statemennya menyatakan bahwa sejak Israel memulai operasi darat ada sekitar 50 roket melesat ke berbagai kota Israel. Satu buldozer Israel rusak diterjang roket anti tank di kawasan Qarara di Jalur Gaza selatan.

Kantor berita Palestina, Wafa, melaporkan sedikitnya enam warga Palestina gugur terkena gempuran bom Israel di kawasan Qararah. Jenazah syuhada itu dilarikan ambulan ke rumah sakit al-Tibbi, Jalur Gaza Selatan. Sementara ada pula kabar yang belum dikonfirmasikan kebenarannya bahwa sejumlah warga Palestina lainnya gugur dan cidera di kawasan yang tak terakses ambulan.

Jumat (18/7) dini hari pasukan darat Israel bergerak maju ke arah Jalur Gaza di bawah pantauan pejuang Palestina. Tersiar kabar bahwa di pihak Israel telah jatuh sejumlah korban tewas dan cidera dalam pertempuran dengan pejuang Palestina. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pertempuran tersengit terjadi di utara kota Beit Lahia. Sayap militer Hamas Brigade al-Qassam telah meledakkan lima bom di tengah iring-iringan pasukan Israel, menjatuhkan beberapa korban tewas dan cidera di antara mereka.

Sumber-sumber Israel mengakui tujuh pasukannya terluka, satu di antaranya kritis, dan dilarikan ke rumah sakit Barzalai, Ashkelon. Sedangkan sumber-sumber di lokasi pertempuran mengatakan ada beberapa helikopter Israel datang ke lokasi dan mengangkut beberapa korban tewas dan luka di pihak tentara Israel.

Di kawasan timur kota Khan Yunis, Jalur Gaza selatan, pertempuran sengit juga terjadi setelah konvoi pasukan Israel terkepung oleh pejuang Palestina dari Brigade al-Qassam.

Beberapa media Israel mengakui dua tentara Zionis tewas dalam pertempuran yang terjadi beberapa lokasi yang di kawasan utara dan selatan Jalur Gaza. Menyusul terjadinya kebocoran berita itu otoritas militer Israel memblokir beberapa situs pemberitaan Israel.

Di pihak Palestina, syuhada yang kebanyakan adalah warga sipil telah mencapai 265 orang, sedangkan korban luka mencapai sekitar 200 orang di hari ke-11 serangan Israel Jalur Gaza. Departemen Kesehatan Palestina di Gaza menyebutkan bahwa jumlah syuhada itu meningkat setelah jatuh korban jiwa di pihak Palestina sebanyak 19 orang pada hari pertama serangan darat pasukan Israel. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL