iran-kurdistanArbil, LiputanIslam.com – Pemimpin wilayah semi-otonomi Kurdistan Irak Masoud Barzani menyebut Iran sebagai negara regional yang pertama kali menyuplai senjata dan amunisi ke Kurdistan untuk perang melawan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Iran telah membekali Kurdi Irak dengan senjata dan amunisi. Orang-orang Kurdi meminta senjata, dan Iran adalah negara yang pertama kali membekali mereka dengan senjata,” kata Barzani dalam jumpa pers bersama dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif di Arbil, ibu kota Kurdistan, Selasa kemarin (26/8), sebagaimana dilansir Alalam.

“Sudah terbukti bagi kami dan para sahabat kami untuk kesekian kalinya bahwa Iran adalah negara yang senantiasa menyokong dan mendukung kami tanpa sedikitpun keraguan. Kami tidak akan pernah melupakan kebaikan yang besar ini,” lanjutnya.

Dia menegaskan urgensi kontinyuitas perang melawan teroris ISIS.

“Mustahil kepemimpinan para teroris bisa diterima, mereka pasti akan hancur dengan upaya dan kordinasi negara-negara regional,” tegasnya.

Di pihak lain, Menlu Iran menegaskan kembali kesiapan Teheran membantu Irak dan Kurdistan. Dia juga menyatakan pihaknya pasti mendukung Perdana Menteri Baru Irak Haider al-Abadi dan apapun kesepakatan yang dicapai antara Arbil dan Baghdad.

“Kebijakan Teheran berprinsipkan upaya mewujudkan persatuan, ketentraman, stabilitas dan keamanan Irak,” katanya sembari mengingatkan bahwa keamanan Irak juga merupakan keamanan bagi Iran.

Menlu Iran berkunjung ke Irak sejak Ahad (24/8). Dari Baghdad dia bertolak ke Arbil Selasa kemarin untuk membicarakan masalah politik dan keamanan Irak dan Kurdistan, dan akan kembali ke Teheran hari ini, Rabu (27/8). (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL