al-hashd-al-shaabi-relawan-irakBaghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi mengumumkan keberhasilannya membebaskan beberapa daerah di barat daya Mosul, Irak utara.

Jubir relawan besar Irak ini, Ahmad al-Asadi, Sabtu (29/10/2016), menyatakan pihaknya sudah terjun ke medan laga mengganyang kawanan teroris ISIS di sisi barat Mosul untuk membebaskan kawasan yang sangat luas dari pendudukan kelompok teroris berfaham Salafi/Wahabi tersebut.

Dia menambahkan bahwa dalam perkembangan terbaru pasukan relawan ini berhasil membebaskan dua desa Ain al-Baidah dan al-Sajmah setelah sebelumnya membebaskan kawasan Ain Nasir.

Dia juga mengatakan, “Tujuan operasi ini ialah memutuskan jalur suplai antara Mosul dan Raqqah (kota yang menjadi markas ISIS di Suriah) serta memperketat kepungan terhadap ISIS dan membebaskan Tel Afar (barat Mosul).”

Kantor media perang organisasi Badar yang menyebutkan, “Pasukan al-Hashd al-Shaabi hari ini berhasil membebaskan kawasan Nasir di barat daya Mosul serta jalur yang menghubungan Hammam al-Alil dan desa Albu Hamad al-Badari.”

Ditambahkan pula bahwa pasukan ini terus bergerak maju.

Sementara itu, jubir gerakan Ashaib al-Haq yang merupakan bagian dari pasukan ini menyatakan pihaknya berhasil menyerbu desa Tel Taibah di bagian barat provinsi Nineveh.

Komandan operasi Nineveh dari pihak angkatan bersenjata Irak, Brigjen Najm al-Jabouri, juga angkat bicara menyatakan bahwa pasukan Brigade 92 yang terkenal dengan sebutan Brigade Tel Afar bersama al-Hashd al-Saabi telah berhasil menguasai dewa-desa Wadi al-Ain, al-Masarah, Mashirfah, Kahriz dan Alibah di selatan Mosul.

Dia menjelaskan bahwa pasukan itu telah menghancurkan empat bom mobil ISIS, membunuh tiga pelaku serangan bom bunuh diri, meringkus puluhan teroris dari tempat-tempat persembunyian mereka, dan menyita senjata-senjata teroris itu.

Operasi militer Irak untuk pembebasan Mosul dimulai dimulai pada 17 Oktober lalu, dan berhasil membunuh lebih dari 1000 anggota ISIS serta membebaskan sekira 100 kota dan desa di sekitar Mosul.  Sabtu kemarin dilaporkan bahwa al-Hashd al-Shaabi sudah resmi ikut terjun ke medan tempur untuk membasmi gerombolan teroris ISIS. (mm/alsumarianews/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL