pasukan-irak-di-mosulBaghdad, LiputanIslam.com –   Pasukan Kontra-Terorisme Irak membantah keras pemberitaan beberapa media Barat bahwa tentara Amerika Serikat (AS) mendampingi pasukan Irak dalam operasi militer di bagian timur Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara.

Mayjen Abdul Wahab al-Saidi, Sabtu (21/12/2016), kepada IRNA mengatakan, “Babak kedua operasi pembebasan provinsi Nineveh di Irak Utara meraih banyak keberhasilan dan berjalan sesuai jadwal, dan sama tidak benar (kabar) ada pasukan asing, termasuk tentara AS, yang mendampingi pasukan Irak dalam gerak maju darat di kota Mosul.”

Dia menjelaskan, “Kami di tahap awal sekarang  ini berhasil membebaskan secara total kawasan al-Quds di Mosul timur, dan sedang bergerak maju untuk pembebasan distrik-distrik lain di kawasan ini.”

Mengenai pemberitaan media Barat itu dia menegaskan, “Berita dusta belaka, seandainya sekarang tentara AS memang sedang bertempur dengan DAESH (ISIS) sudah pasti staf komando militer AS-lah yang terlebih dahulu membuat pengumuman.”

Menurutnya, satupun tentara AS tak ada di zona operasi militer Mosul.

“Operasi ini sepenuhnya milik orang-orang Irak sendiri, pertempuran di semua kancah dan kawasan bergerak maju dan dilakukan oleh pasukan Irak sendiri, dan bahkan tak satupun tentara asing, baik AS maupun yang lain, ada di medan pertempuran,” tegasnya.

Dia juga menepis pemberitaan media Barat bahwa banyak tentara Irak yang terbunuh dalam pertempuran melawan ISIS.

“Seandainya dalam operasi pembebasan Nineveh pasukan kami yang terbunuh jumlahnya seperti yang dilaporkan oleh sejumlah media Barat jelas kami tak dapat melanjutkan operasi, tidak mungkin dapat meraih kemenangan demi kemenangan. Semua pasukan militer mengetahui bahwa jumlah korban tewas berpengaruh langsung pada mental prajurit, sementara spirit perjuangan pasukan kami sangat tinggi, mereka terus bertempur sampai pembebasan jengkal terakhir Mosul dan terbasminya ISIS di Irak,” terangnya.

Dia menambahkan, “Dibanding luasnya wilayah dan banyaknya jumlah distrik, desa, kota dan daerah strategis yang sudah berhasil dibebaskan, jumlah korban di pihak pasukan Irak sangatlah kecil. Dalam beberapa hari mendatang kami akan kabarkan kepada rakyat Irak kemenangan-kemenangan besar, tahap ini sepenuhnya berhasil dan direncanakan dengan matang dan cermat.”

Berbagai media Barat dan Arab belakangan ini ramai-ramai memberitakan banyak tentara Irak yang terbunuh di Mosul sehingga tentara AS ikut terjun dan terlibat dalam perang di jalanan dan lorong-lorong kota Mosul timur.  (mm/irna)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL