Damaskus, LiputanIslam.com –   Bantuan militer Rusia untuk mendukung Pasukan Arab Suriah (SAA) dalam penumpasan kelompok teroris ISIS telah tiba di kota Deir Ezzor, Kamis (7/9/2017). Bersamaan ini puluhan truk pengangkut bahan makanan dan lain-lain untuk penduduk juga tiba di kota ini.

Sumber yang dekat dengan SAA kepada kantor berita Jerman, DPA, mengatakan, “Pasukan Rusia di pangkalan Hmeimim, provinsi Latakia, Suriah, telah mengirim bantuan militer yang terdiri atas 300 personil tentara Rusia, peluncur-peluncur roket, dan jembatan mobile, dan melalui darat telah mencapai markas Brigade 137 di barat daya kota Deir Ezzor.  Bantuan ini adalah untuk menyokong pasukan pemerintah Suriah dalam pertempuran untuk merebut kembali jalur Deir Ezzor-Palmyra dan memecah kepungan ISIS terhadap bandara militer Deir Ezzor.”

Dia menjelaskan bahwa SAA terus bergerak maju di kota Deir Ezzor dan Kamis kemarin mencapai jarak 10 km dari distrik al-Shula, dan diperkirakan serbuan ke distrik ini akan dimulai Jumat pagi (8/9/2017), sementara pasukan yang ada pada Brigade 137 bergerak maju ke arah gunung al-Tharda untuk memecah kepungan terhadap bandara Deir Ezzor dan mengepung kota dari arah timur.

Sumber ini menambahkan pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) yang berada di kawasan Hamimah di tenggara Deir Ezzor bersiap-siap untuk berpartisipasi dalam perang Deir Ezzor.

Namun sumber ini menepis adanya rencananya SAA untuk mengusir ISIS dengan cara menggempur kota Deir Ezzor, melainkan cukup dengan mengepung kota ini agar ISIS kemudian terusir tanpa perang.

Menhan Suriah Fahad Jassem al-Freij dalam statemen yang dirilisnya saat meninjau keadaan di provinsi Deir Ezzor menegaskan, “Perang kami melawan teroris akan terus berlanjut sampai keamaan dan stabilitas kembali pulih di seluruh wilayah Republik Arab Suriah.”

Di hari yang sebuah, konvoi truk pengangkut bahan makan, fasilitas kesehatan, dan sarana pendidikan telah tiba di kota Deir Ezzor setelah SAA dan sekutunya berhasil memacah kepungan ISIS terhadap kota ini.

Dalam keterangan persnya saat menyambut kedatangan konvoi itu, Gubernur Deir Ezzor Mohammad Ibrahim Samrah mengatakan, “30 unit truk pengangkut bahan makanan, kesehatan, alat tulis, sayur mayur, dan buah-buahan akan dibagi-bagikan sejak besok (Jumat) melalui lembaga perdagangan Suriah agar bahan-bahan ini menjangkau semua penduduk Deir Ezzor.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL