turki tragedi tambangAnkara, LiputanIslam.com – Turki kembali dilanda tragedi pertambangan. Sedikitnya 19 pekerja pertambangan batu bara di bagian selatan negara ini terjebak di bawah tanah setelah longsor yang terjadi akibat banjir.

Tim penyelamat dan medis segera dikirim ke lokasi kejadian di kota Ermenek, provinsi Karaman, sekitar 110 km utara garis pantai Laut Tengah Turki.

Sebagaimana dikutip The Guardian, berbagai media Turki melaporkan bahwa longsor terjadi pada Selasa (28/10) setelah banjir menjalar ke area-area tempat para pekerja tambang itu berada.

“Air berakumulasi di bawah tanah (dan) telah membanjiri galeri. Menurut laporan awal, 25 pekerja berhasil diselamatkan, sementara 19 lainnya masih terperangkap,” ujar Karaman, Gubernur Murat Koca, sebagaimana dikutip kantor berita Dogan, Turki.

Banjir dilaporkan telah merendam terowongan bawah tanah sedalam 300 meter, dan terjadi beberapa saat setelah tengah hari.
Menteri Energi Taner Yildiz dan Menteri Transportasi Lutfi Elvan turut meninjau lokasi kejadian.

Turki tercatat sebagai salah satu negara yang terburuk dalam tragedi pertambangan, yakni menempati ranking pertama di Eropa dan ketiga di dunia.

Peristiwa kali ini terjadi setelah Turki sekitar enam bulan lalu mengalami tragedi pertambangan paling tragis dan terburuk yang menewaskan 301 pekerja di kota Soma di bagian barat negara ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL