Teheran, LiputanIslam.com –  Pemandangan mengerikan terjadi di Teheran, ibu kota Iran, Kamis (19/1/2017). Sebuah bangunan tinggi bernama Gedung Plasco runtuh ketika dilalap api dalam sebuah peristiwa kebakaran besar. Kobaran api menghancurkan struktur bangunan hingga gedungpun runtuh dan menimpa orang-orang yang ada di sekitarnya, terutama petugas pemadam kebakaran.

Sedikitnya 20 orang tewas. Para korban antara lain para petugas pemadam kebakaran yang tertimpa runtuhan ketika mereka sedang berjuang mengendalikan api di bangunan komersial tersebut, sementara sisanya adalah warga yang menonton kebakaran.

Media Iran melaporkan ada beberapa orang diduga terjebak di bawah reruntuhan, dan setelah runtuh, bangunan yang tersisa tinggal tiga lantai yang merupakan ruangan bawah tanah.

Kebakaran besar itu terjadi sejak sekitar pukul 08.00 waktu setempat, dan dinas darurat, termasuk 10 mobil pemadam kebakaran, berada di sekitar bangunan 15 tingkat tersebut ketika api sedang berkobar.

No official report of casualties yet.

Penggalan video amatir memperlihatkan pemandangan yang dramatis. Bangunan itu runtuh dan luluh lantak dengan sendirinya hanya dalam hitungan detik, serta menimpa tiga mobil pemadam kebakaran. Debu dan asap tebal berwarna coklat segera memenuhi angkasa sekitar, sementara orang-orang yang melihatnya berteriak-teriak histeris.

Wali Kota Teheran Mohammad Bagher Ghalibaf mengatakan bahwa bangunan itu runtuh setelah terjadi ledakan kuat di lantai 10.

“Setelah ledakan ini, Gedung Plasco di lantai 10 tak tahan lagi menanggung beban lantai-lantai di atasnya. Karena itu bangunan sontak runtuh,” katanya.

Diduga kebakaran terjadi karena korsleting listrik, namun Presiden Iran Hassan Rouhani menginstruksikan penyelidikan atas insiden ini, dan Pemimpin tertinggi Iran Grand Ayatullah Sayyid Ali Khemenei menyatakan sangat berduka cita atas tragedi ini.

Gedung Plasco yang berusia 50 tahunan ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Iran. Gedung ini dibangun pada awal 1960-an, dan saat itu  menjadi bangunan tertinggi di Teheran. (mm/irna/independent)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL