bahrain sheikh ali salmanManama, LiputanIslam.com – Ribuan rakyat Bahrain menggelar unjuk rasa usai shalat Jumat (20/2/2015) dalam rangka memrotes berlanjutnya penahanan Sekjen gerakan al-Wefaq, Syeikh Ali Salman.

Situs berita milik al-Wefaq menyebutkan bahwa unjuk rasa ribuan massa melanda berbagai kawasan Bahrain, termasuk al-Diraz. Mereka turun ke jalan-jalan sambil membawa poster Syekh Ali Salman dan meneriakkan tuntutan supaya rezim Manama membebaskan pemimpin oposisi Bahrain tersebut.

Massa menegaskan bahwa rakyat Bahrain tidak akan pernah melepaskan haknya. Mereka akan terus menuntut hak kesetaraan, hak sipil dan hak berpartisipasi dalam pemilu yang jujur dan adil untuk menentukan pemerintahan dan parlemen.

Lebih jauh massa demonstran menuntut supaya sistem individualisme dan diktarorisme diakhiri di Bahrain untuk digantikan dengan sistem yang demokratis.

Rezim Bahrain menahan Syeikh Ali Salman sejak 28 Desember 2014 setelah dia menyerukan kepada rakyat Bahrain supaya menggelar unjuk rasa besar-besaran untuk memrotes pemilu parlemen yang dinilainya cacat karena jelas-jelas diboikot oleh mayoritas rakyat Bahrain.

Penangkapan terhadap agamawan dan politisi Bahrain bermazhab Syiah itu tak pelak membangkitkan gelombang protes dari rakyat Bahrain yang mayoritas menganut mazhab yang sama. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL