bahran referendumManama, LiputanIslam.com – Berbagai derah di Bahrain dilanda unjuk rasa mendukung “referendum rakyat” yang rencananya akan diselenggarakan mulai Jumat besok hingga Sabtu (21-22/11).

Menurut laporan Alalam, dalam aksi itu para pengunjuk rasa dalam jumlah besar menegaskan kata “ya’ untuk pertanyaan dalam referendum serta meneriakkan yel-yel penolakan terhadap pemilu yang diupayakan oleh rezim Bahrain, sementara para aktivis HAM negara ini menyatakan dukungannya kepada referendum.

Massa antara lain membawa spanduk bertuliskan “Ya, untuk penentuan nasib”.

Referendum itu sendiri akan mengajukan pertanyaan; ““Apakah Anda mendukung penentuan masa depan Anda sendiri dengan memilih sistem politik baru di Bahrain dengan prakarsa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)?”?”

Unjuk rasa akbar mendukung referendum terjadi antara lain di kawasan Tubli, Ma’ameer, dan Karzakan. Sedangkan unjuk rasa di kawasan di kawasan Dair, Diraz dan Samaheej diwarnai kemarahan dan protes terhadap penanangkapan para aktivis perempuan oleh penguasa Bahrain.

Sebelumnya, kelompok-kelompok oposisi dan revolusi Bahrain dalam statemen bersamanya menyerukan unjuk rasa besar-besaran serta mengerahkan segenap upaya mereka untuk membebaskan para tahanan perempuan. Kelompok-kelompok yang tergabung dalam “Koalisi 14 Februari” itu antara Kelompok Amal Islam, Harakah al-Haq, Harakah al-Khalash, dan Hararakah Ahrar al-Bahrain. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL