Beirut, LiputanIslam.com –   Sebuah rekaman suara yang disebut-sebut sebagai suara Pemimpin kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi telah beredar  pada Kamis (28/9/2017) dan berisi seruan kepada para pengikut ISIS  supaya “bersabar dan teguh” dalam menghadapi musuh-musuhnya.

“Para pemimpin dan pasukan Negara Islam (IS/ISIS) berkeyakinan bahwa jalan menuju kemenangan dan kekokohan adalah kesabaran, keteguhan, dan kemantapan di depan para kafir sejauhmanapun mereka (para kafir) bangkit, bersekutu, dan mengerahkan diri,” bunyi rekaman itu.

Belum ada kepastian mengenai keasliannya maupun kapan dan di mana suara itu direkam, sementara ISIS menderita kekalahan besar di Suriah dan Irak.

“Dengan daya dan kekuatan Allah kami tetap eksis, solid, dan sabar. Banyaknya pembunuhan, penawanan, dan derita luka tidak membuat kami berkecil hati,” lanjut pemilik suara.

Suara itu menyinggung kekalahan ISIS dalam beberapa bulan terakhir dan “darah yang tumpah di Mosul, Sirte, Raqqa, Ramadi, dan Hama.”

Dia mengaku optimis kemenangan besar bagi ISIS akan tetap tercapai dalam perang melawan “perkumpulan umat-umat kafir, terutama Amerika Serikat (AS), Rusia, Iran, dan lain-lain di bumi perjuangan.”

ISIS kalah di Sirte (Libya) pada Desember 2016, di Ramadi (Irak) pada Februari 2016, dan di Mosul (Irak) pada Juli 2017. Belakangan ini markas-markas terakhir mereka di Raqqa dan Deir Ezzor, Suriah, juga sudah mendekati kehancuran total.

Pesan terakhir yang dikaitkan dengan al-Baghdadi sebelum pesan kali ini tertuang dalam surat yang beredar pada November 2016, sementara dalam beberapa bulan terakhir juga beredar kabar mengenai kematiannya.

Pihak Rusia menduga kuat dia telah tewas, namun pihak AS menduganya masih hidup dan bersembunyi di sebuah tempat di kawasan Wadi Furat di bagian timur Suriah. (mm/rt/rayaloum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL