بالصور..عاصفة غير مسبوقة تضرب طهران وسقوط ضحاياTeheran, LiputanIslam.com – Warga Teheran Senin sore kemarin (2/6) dikejutkan oleh fenomena badai pasir yang dinilai belum pernah terjadi sebelumnya di ibu kota Iran tersebut. Fenomena alam ini menyebabkan musibah yang menewaskan lima warga dan menciderai sekitar 25 orang lainnya.

Kepala Pusat Penanggulangan Bencana Teheran, Reza Dehqan, menyebutkan bahwa sebagian besar korban jatuh akibat tertimpa bahan bangunan dan pohon yang tumbang diterjang badai berkecepatan 130 km/jam.

Para pejalan kaki dan pengendara panik ketika terjadi gemuruh dan angkasa tiba-tiba gelap sejak sekitar pukul 17.15 waktu setempat akibat tertutup badai pasir yang menyerupai gumpalan awan pekat berwarna coklat. Mereka berusaha menjauhi obyek-obyek yang diyakini mudah rontok seperti papan reklame dan pepohonan.

Kegelapan berlangsung selama sekitar 15 menit, dan setelah itu angin masih tetap kencang dan disusul dengan guyuran hujan.

Beberapa foto yang dipajang laman al-Alam memperlihatkan awan pekat, sepeda motor yang terguling serta beberapa pohon di jalanan yang tumbang dan nyaris menimpa mobil.

Fenomena ini juga menyebabkan kerusakan pada banyak bangunan, terputusnya aliran listrik pada 50,000 unit rumah, tertundanya penerbangan pesawat di Bandara Imam Khomaini, Teheran,dan gangguan pada jaringan komunikasi telefon dan internet.

Badai berlangsung selama sekitar 90 menit, dan setelah itu cuaca kembali memulih dan banyak mobil berkeliaran lagi di jalanan, meskipun sebagian besar memilih bertahan di dalam bangunan dan mematuhi peringatan supaya mewaspadai kemungkinan adanya badai susulan. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL