naser makarem shiraziTeheran, LiputanIslam.com  – Grand Ayatullah Naser Makarem Shirazi, salah satu ulama panutan (marji’) di Iran, memastikan bahwa negara-negara “lemah dan fakir” yang telah memutuskan hubungannya dengan Iran sebagai bentuk solidaritas mereka dengan Arab Saudi pada akhirnya akan kembali berhubungan dengan Iran.

Sebelumnya tersiar berita bahwa menyusul pemutusan hubungan Arab Saudi dengan Iran pasca eskekusi ulama Syiah Saudi Syiekh Nimr al-Nimr oleh rezim Saudi, beberapa negara lain yaitu Bahrain, Sudan dan Djibouti juga ikut memutus hubungan dengan Iran, sementara Uni Emirat Arab menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Iran pada level kuasa usaha.

Selain itu, Qatar dan Kuwait menarik duta besar masing-masiing dari Iran, sedangkan Oman, Libya, dan Yordania cukup mengecam insiden pembakaran Kedutaan Besar dan Konsulat Saudi di Iran oleh massa pengunjuk rasa eksekusi Syeikh al-Nimr.

Pemerintah Iran sendiri menyesalkan insiden pembakaran tersebut dan berjanji untuk menindak tegas para pelakunya serta aparat yang lalai dalam menjalankan tugas pengamanan Kedubes dan Konsulat Saudi. (Baca: Presiden Iran Serukan Penyelidikan Kasus Serangan Terhadap Kedubes Saudi)

Sebelum itu, aparat keamanan Iran juga sudah meringkus para tersangka pelaku anarkis tersebut. (Baca: Bertindak Anarkis Terhadap Kedubes Saudi di Teheran, 40 Demonstran Ditangkap)

Sebagaimana dilansir kantor berita Tasnim, Iran, Kamis (7/1), Ayatullah Shirazi dalam khutbahnya Rabu lalu mengatakan, “Negara-negara yang memutuskan hubungannya dengan Iran akan kembali dan memulihkan hubungan dengan Iran, sebab mereka mengetahui bahwa pemutusan hubungan negara-negara lemah dan fakir ini dengan Teheran tidak menimbulkan pengaruh apapun dalam diri bangsa Iran.”

Shirazi menambahkan bahwa rezim Saudi beranggapan bahwa eksekusi terhadap Syeikh al-Nimr sesuai dengan kitab suci dan sunnah, namun seluruh khalayak dunia mengutuk eksekusi itu, karena Syeikh al-Nimr jelas-jelas tidak pernah mengangkat senjata dalam memrotes rezim Saudi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL