Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei, Rabu (18/10/2017), mengancam akan mencabik perjanjian nuklir Iran dengan enam negara terkemuka dunia jika Amerika Serikat (AS) keluar dari perjanjian bernama  Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) ini.

Dia memastikan Washington “gusar” terhadap Teheran lantaran Iran “telah menggagalkan semua konspirasi AS di Lebanon, Suriah, dan Irak.”

“AS-lah yang mendirikan ISIS dan gerakan-gerakan takfiri…  Tidakkah Anda menduga AS akan gusar terhadap Republik Islam (Iran) yang telah mencegat ISIS? Mereka marah karena Iran berhasil menggagalkan rencana-rencana mereka di Lebanon, Suriah, dan Irak,” terangnya.

Menurutnya, percuma meladeni koar  Presiden AS Donald Trump karena hanya akan “membuang-buang waktu.”

Dia kemudian mengingatkan bahwa jika AS keluar dari JCPOA maka “Iran akan mengoyaknya”.

Lebih jauh Khamenei mengingatkan bahwa Teheran tidak menerima tekanan negara-negara Eropa terkait kebijakan regional dan program rudal Iran.

“Campur tangan Eropa terhadap program rudal Iran dan kebijakan kami di kawasan…. Tindakan Eropa mengikuti kebijakan AS tak dapat diterima di mata Iran,”  tegasnya.

Pekan lalu Trump menyatakan pihaknya tidak mengakui perjanjian internasional dengan Iran tersebut.

“Kami tidak akan terus menempuh jalan di mana kami menduga bahwa pada akhirnya  akan menambah kekerasan, teror, dan ancaman nyata peluncuran nuklir Iran,” katanya.

Trump berulang kali menyebut JCPOA sebagai perjanjian terburuk sepanjang sejarah AS. (mm/rayaloum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL