Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei menyatakan bahwa negaranya berhasil mengandaskan rencana kotor Amerika Serikat (AS) di kawasan Timteng serta mematahkan tulang punggung kawanan teroris yang didukung oleh AS dan Israel.

Hal ini dia tegaskan dalam pidato dan kata sambutan tahun baru kalender Iran ketika berziarah ke makam Imam Ali Ridha di kota Masyhad, Rabu (21/3/2018).

“AS menciptakan kelompok-kelompok teroris seperti Daesh (ISIS) di kawasan sebagai upaya untuk mengalihkan perhatian publik dari rezim Zionis (Israel). AS tidak ingin atau tidak dapat menjamin keamanan Timteng, ”ujarnya di hadapan lautan peziarah.

Dia menilai negara-negara Barat telah gagal membangun keamanan dan stabilitas di Afghanistan, sedangkan Iran menawarkan bantuan kepada negara-negara regional berdasarkan itikad baik.

Dia juga menilai Iran telah berhasil membersihkan banyak bagian Timteng dari eksistensi teroris tanpa mencampuri urusan internal negara lain.

“Iran tidak pernah berusaha mencampuri  urusan internal negara lain,” katanya.

Mengenai prestasi Iran pasca revolusi Islam tahun 1979 dia mengatakan, “Revolusi Islam bergerak maju dengan kuat dan penuh semangat sembari mempertahankan slogan dan prinsip-prinsip fundamentalnya. Tahun ke-40 revolusi (sejak kemenangan) adalah usia kedewasaan dan vitalitas, bukan kepikunan dan kemunduran, ”ungkapnya.

Dia menambahkan, “Iran memiliki kapasitas besar dan luas masih belum dimanfaatkan.”

Dia juga menegaskan, “Bangsa Iran telah mampu memenuhi prinsip utama Revolusi Islam. Revolusi kami menggulingkan dominasi kekuatan kolonial atas Iran … Sebelum Revolusi Islam, pemerintah di Iran dikuasai oleh pihak asing.” (mm/alalam/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*