Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei menegaskan bahwa Iran akan keluar dari perjanjian nuklirnya dengan sejumlah negara terkemuka dunia jika perjanjian ini ternyata tak berguna bagi Iran.

Dalam kata sambutannya saat ditemui Presiden Iran Hassan Rouhani dan sejumlah anggota kabinetnya pada momen peringatan Pekan Pemerintah, Rabu (29/8/2018), Khamenei mula-mula menekankan keharusan menjaga dan mengembangkan hubungan baik Iran dengan negara-negara jirannya.

Selanjutnya dia mengatakan, “Tak ada masalah melanjutkan pembicaraan dengan Eropa, tapi dalam proses ini jangan sampai menaruh harap kepada mereka untuk berbagai isu semisal pernajian nuklir atau ekonomi.”

Dia mengritik sikap Eropa yang dinilainya tidak proporsional dalam masalah perjanjian nuklir dan sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran sehingga dia meminta supaya janji-janji Eropa dipandang dengan tatapan curiga.

“Perjanjian nuklir bukanlah tujuan, dan tentunya jika kita sampai berkesimpulan bahwa kepentingan nasional ternyata tak dapat dicapai melalui sarana ini maka kita akan melepasnya,” tegas Khamenei.

Dia mengingatkan bahwa Eropa harus memahami kata dan perbuatan pemerintah Iran bahwa tindakan Eropa akan mendapat reaksi yang tepat dari Iran.

Mengenai penolakannya terhadap ajakan Presiden AS Donald Trump untuk berundingan dengan para pemimpin Iran Ayatullah Khamenei menyoal, “Jika perundingan dengan para pejabat AS sebelumnya yang minimal telah berpura-pura (baik) hasilnya ternyata seperti ini, lantas bagaimana mungkin kita akan mengadakan perundingan dengan para pejabat (AS) sekarang yang sedemikian congkak, pengkhianat, dan menghunuskan pedang terhadap Iran? Karena itu tidak akan ada perundingan dengan AS di level manapun.”

Ayatullah Khamenei kemudian menilai ajakan Trump itu sebagai “manuver” belaka untuk pencitraan bahwa AS telah menunjukkan sikap positif kepada Iran dengan mengajaknya berdialog. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*