irak ayatollah sistaniBaghdad, LiputanIslam.com – Sayyid Makki al-Shafi selaku wakil ulama besar Irak Grand Ayatollah Ali al-Sistani saat meninjau beberapa kawasan yang telah dibebaskan oleh para pejuang Irak di bagian utara provinsi Salahuddin, termasuk kilang minyak Baiji di utara Tikrit, telah menyampaikan pesan Sang Ayatollah kepada mereka supaya lebih bersabar lagi karena “kemenangan sudah dekat”.

“Ayatollah al-Sistani berpesan kepada kalian supaya lebih bersabar lagi, menjaga tali persaudaraan supaya kelompok-kelompok yang tergabung dalam al-Hashd al-Shaabi (relawan) menjadi lebih kuat, dan menjaga keuangan rakyat, karena kemenangan sudah dekat,” ungkap al-Shafi di depan para pejuang Irak, sebagaimana dilansir situs berita Baratha yang dekat dengan Dewan Tinggi Revolusi Islam Irak, Kamis kemarin (15/10).

Rabu lalu pasukan Irak berhasil membebaskan kilang minyak Baiji melalui pertempuran sengit yang antara lain menewaskan salah satu gembong ISIS, Abu Sulaiman al-Askari, dan puluhan anak buahnya.

Juru bicara ISIS Selasa lalu dalam sebuah pesan audionya menyatakan orang nomor 2 ISIS yang bernama Amu Mo’taz al-Qarshi alias Abu Muslim al-Turkamani tewas.

Sementara itu, pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi kemarin mengumumkan pihaknya terus bergerak maju di provinsi Anbar dan berhasil membebaskan kawasan al-Siniyah dari tangan kawanan teroris ISIS.

Situs berita al-Masalah melaporkan pasukan keamanan Irak sudah berada di bagian pusat kawasan al-Siniyah dan mengibarkan bendera nasional Irak di bangunan-bangunan yang ada di sana.

“Pasukan perlawanan rakyat berhasil membersihkan sepenuhnya distrik al-Siniyah,” ungkap juru bicara al-Hasdh al-Sahaabi, Jakfar al-Husaini.

Bersamaan dengan ini Juru Bicara Brigade 14 Polisi Irak, Saud al-Obeidi, menyatakan sebanyak 40-an teroris ISIS terbunuh di bagian barat provinsi Anbar.

“Pasukan militer dan keamanan yang didukung oleh pasukan-pasukan suku setempat telah membunuh lebih dari 40 teroris ISIS dalam operasi penyisiran kawasan al-Masyah, al-Jawa’anah, dan Saitarah Majid di timur distrik al-Baghdadi di bagian barat provinsi Anbar,” ungkap al-Obeidi, seperti dikutip situs berita al-Maaloma.

Sejak beberapa hari lalu pasukan Irak memulai operasi bersandi “Labbaika Ya Rasulullah” tahap II sesuai instruksi Perdana Menteri Haider Abadi untuk pembebasan beberapa kawasan yang dikuasai ISIS di Anbar. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL