London, LiputanIslam.com –  Pemimpin redaksi media online berbahasa Arab Rai al-Youm, Abdel Bari Atwan menilai Iran sangat berpotensi menyerang negara-negara Arab jirannya di kawasan Teluk Persia jika Teheran terpancing oleh provokasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

“AS berjarak lebih dari 10,000 km dari Iran. Reaksi Iran terhadap provokasi presiden AS akan menyasar negara-negara jirannya di Teluk karena di situ terdapat pangkalan-pangkalan militer AS, sumur-sumur minyak, dan Selat Hormuz. Ini berarti bahwa kita sebagai bangsa Arab, serta negara-negara, kota-kota, dan warga kita adalah sasaran dan korban. Aliansi sebagian negara atau pemerintah Arab secara terbuka dengan Trump akan menjadi alasan dan pembenar bagi balas dendam ini,” tulis Atwan dalam editorial media yang bermarkas di London tersebut, Sabtu (4/2/2017).

Penulis produktif berdarah Palestina ini melanjutkan,” Kami tidak membela Iran, meski ada pihak-pihak yang terus berusaha menuduh kami demikian karena kami tidak berdiri di kubu mereka dalam perang Suriah, Irak, Yaman dan Libya. Kami hanya ingin membela umat dan bangsa-bangsa kami, dan ingin melindungi darah orang-orang tak berdosa dari kebinasaan akibat politik-politik intervensif bodoh dan sembrono di negara-negara tersebut.”

Atwan menyarankan dialog Arab dengan Iran demi mencapai kesepakatan yang menjamin kepentingan bersama dan mewujudkan kerukunan hidup dan saling hormat kedua pihak.

“Kebersamaan sebagian negara Arab dengan provokasi Trump terhadap Iran, tindakan mereka mengorbankan investasi keuangan dalam jumlah besar, dan belanja persenjataan dengan dalih mengantisipasi bahaya Iran  di saat bangsa-bangsa kawasan Teluk menderita sebentuk kehidupan apa adanya tidak akan sejalan dengan ambisi-ambisi rasional yang kita upayakan,” lanjutnya.

Di bagian akhir Atwan mengutip pernyataan majalah Economist terbitan Inggris bahwa negara-negara Arab “harus menjauhi Trump dan berbuat sesuatu demi perdamaian dengan Iran.” (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL