suriah assad-rogozinDamaskus, LiputanIslam.com – Presiden Suriah Bashar al-Assad menyatakan bahwa hak veto yang telah dijatuhkan Rusia untuk keempat kali terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terkait Perang Suriah telah menyelamatkan Timur Tengah.

Menurut laporan Itartas yang dikutip al-Alam, pernyataan itu dikemukakan Presiden Assad dalam pertemuannya dengan Wakil Perdana Menteri Rusia, Dmitry Rogozin, Sabtu (24/5).

Assad juga mengapresiasi Presiden Rusia Vladimir Putin dengan pernyataan bahwa Putin telah mengangkat Suriah di pentas internasional pada posisi yang lebih tinggi dibanding pada masa Uni Soviet.

Akibat penjatuhan hak veto Rusia dan Cina, Kamis 22 Mei lalu DK BB gagal mengesahkan resolusi untuk mengadili semua pihak yang berperang di Suriah ke Mahkamah Kejahatan Internasional.

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan bahwa Assad mengapresiasi “dukungan Rusia kepada rakyat Suriah dalam perang melawan terorisme”. Dia juga menegaskan pentingnya peranan Rusia “dalam upaya menjaga stabilitas dunia dan perlawanan terhadap sepak terjangBarat untuk menguasai negara-negara regional.”

“Peranan yang dimainkan Rusia di kancah internasional ikut berkiprah dalam penggambaran peta baru dunia multipolar untuk penegakan keadilan internasional,” ungkap Bashar al-Assad.

Di pihak lain, Rogozin menyatakan negaranya mendukung solusi diplomatik untuk krisis Suriah dan menilai pemilu presiden yang akan diselenggarakan di Suriah merupakan langkah menuju perdamaian. “Karena itu,” ujar Rogozin, “kami berharap pemilu ini dapat terselenggara dalam suasana tenang.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL