suriah assad dan KolmohammadovDamaskus, LiputanIslam.com – Presiden Suriah Bashar al-Assad mengaku optimis serta menekan pentingnya kontinyuitas konsultasi dan kordinasi antara Suriah dan Rusia mengenai perundingan pemerintah Damaskus dengan kalangan oposisi Suriah.
Sebagaimana dilaporkan kantor berita Suriah, SANA, Minggu (22/3/2015) dan dikutip Business-Standard, hal itu dikemukakan Assad saat menerima kunjungan utusan khusus Rusia untuk Suriah, Azmatullah Kolmohammadov.

Kedua pihak sama-sama menekankan kordinasi antara Moskow dan Damaskus untuk menyukseskan perundingan tahap kedua antarkelompok Suriah di Moskow, ibu kota Rusia.

Januari lalu Moskow menjadi tempat pembicaraan konsultatif antara pemerintah Damaskus dan kalangan oposisi Suriah dengan tujuan menyiapkan dialog antar elemen Suriah untuk mengatasi krisis yang tak kunjung usai di negara ini. Pertemuan itu berakhir dengan persetujuan semua pihak mengenai pedoman yang diusulkan oleh Rusia.

Pedoman yang dinamai “Prinsip-Prinsip Moskow” itu antara lain menekankan kedautalan dan persatuan Suriah, penumpasan teroris, penanganan krisis secara damai dan melalui jalur politik, dan penolakan terhadap segala bentuk campurtangan asing.

Menurut laporan Xinhua, dalam pertemuan Assad dengan Kolmohammadov keduanya telah mendiskusikan upaya Rusia untuk menyelenggarakan perundingan tahap kedua di Moskow beberapa bulan lagi.

Assad menegaskan pihaknya percaya kepada prakarsa Rusia serta memandangnya sebagai “upaya tak kenal lelah” untuk mencarikan solusi bagi Suriah.

Namun demikian, dia juga menyatakan masih ada hambatan untuk pencapaian solusi bagi konflik Suriah yang sudah berlangsung empat tahun, terutama hambatan berupa dukungan beberapa negara Barat dan regional kepada kelompok-kelompok teroris.

Sementara itu, utusan pemerintah Rusia memastikan bahwa pemimpin Suriah itu sangat menghendaki cara apapun yang memungkinkan demi menghentikan pertumpahan darah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*