Athena, LiputanIslam.com –  Presiden Suriah Bashar al-Assad menilai kecil kemungkinan Perang Dunia III akan pecah di Suriah, dan memastikan bahwa misi Amerika Serikat (AS) di Suriah ialah membantu dan menyelamatkan ISIS, termasuk yang tampil dengan berbagai kedok dan label lain.

“Kita semua mengetahui dengan jelas bahwa satu-satunya misi yang dijalankan AS di Suriah ialah menyokong kawanan teroris, terlepas dari apa nama mereka dan sebutan untuk kelompok-kelompok mereka,”  ujarnya dalam wawancara eksklusif dengan harian Kathimerini terbitan Yunani yang dilansir Kamis (10/5/2018).

Ditanya mengenai kekuatiran sebagai orang terhadap peran “berlebihan” Rusia dan Iran di Suriah, Assad mengatakan, “Iran dan Rusia adalah negara yang paling menghormati kedaulatan Suriah. Tidaklah logis terlibat dalam perang untuk membantu Suriah membela kedaulatannya, tapi di saat yang sama melanggar kedaulatan ini, atau bercampur tangan terhadapnya.”

Mengenai kemungkinan tersulutnya Perdang Dunia III di Suriah dia menilai kemungkinan itu kecil karena adanya “para pemimpin bijaksana di Rusia” yang dapat menghindari jebakan AS untuk menyulut perang itu dengan tujuan melemahkan dan bahkan menghancurkan Rusia.

“Mungkin ini (perang Suriah) bukanlah Perang Dunia III yang sempurna (sesungguhnya), tapi ini adalah perang dunia dengan berbagai cara yang tidak seperti Perang Dunia I dan II. Mungkin ini bukan perang nuklir, tapi tentu juga bukan Perang Dingin, melainkan lebih besar daripada Perang Dingin dan lebih kecil dari Perang Dunia yang sempurna,” terangnya.

Assad mengaku berharap “kita tidak menyaksikan konfrontasi langsung antarkekuatan adidaya, karena jika ini terjadi maka segala sesuatu akan keluar dari kendali.”

Mengenai pendapatnya tentang kapan perang Suriah akan berakhir, dia mengatakan, “Saya selalu mengatakan bahwa jika dukungan asing kepada teroris berhenti maka tak sampai satu tahun stabilitas akan pulih di Suriah.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*