Washington, LiputanIslam.com –Amerika Serikat (AS) dilaporkan menekan beberapa negara Arab untuk mendukung rancangan resolusi PBB terhadap Gerakan Perlawanan Palestina (Hamas).

Majelis Umum PBB dijadwalkan akan melakukan pengambilan suara pada hari ini, Kamis (6/12/2018), untuk draf resolusi yang diusulkan AS untk mengutuk Hamas karena kelompok pejuang Palestina di Gaza ini telah “menembakkan roket ke Israel dan menyerukan kekerasan.”

Harian Israel Haaretz melaporkan bahwa Jason Greenblatt, utusan Presiden Donald Trump untuk Timur Tengah, telah mengirim surat kepada diplomat Maroko, Oman, Bahrain, Yordania, Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab, Mesir dan Qatar agar mereka mendukung draf resolusi tersebut.

Seorang pejabat pemerintah AS menyebut bahwa Greenblatt telah mengklaim bahwa draf yang mengecam Hamas itu juga menyerukan dukungan untuk upaya-upaya menuju kesatuan politik Palestina.

Greenblatt  mengklaim bahwa negara-negara yang menentang terorisme dan menginginkan stabilitas di kawasan “tidak memiliki alasan” untuk menolak dokumen itu.

Greenblatt juga dilaporkan menyebut resolusi itu sebagai kecaman PBB pertama kalinya terhadap Hamas, dan menilainya sangat relevan di tengah eskalasi baru di Jalur Gaza.

Dia mendesak negara-negara Arab untuk tidak bergabung dengan upaya Otorita Palestina menentang draf itu.

Selain sekutu Arabnya, AS yang getol membela Israel juga telah melobi para sekutunya di Eropa untuk mendukung draf resolusi anti-Hamas. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*