Washington, LiputanIslam.com –  Tentara Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan udara terhadap milisi pendukung pemerintah Suriah, Kamis (18/5/2017), dengan dalih mereka dapat mengancam pasukan AS dan kelompok-kelompok bersenjata dukungan AS di selatan Suriah.

Pejabat AS menyatakan bahwa milisi itu berjumlah puluhan, membawa satu tank dan sejumlah kecil kendaraan konstruksi. Mereka mengabaikan tembakan peringatan dari pesawat AS dan, menurut pernyataan pasukan koalisi pimpinan AS, mereka bahkan juga mengabaikan “upaya Rusia yang tampaknya adalah untuk menghalangi” gerak maju mereka.

Pejabat anonim AS menduga sekelompok milisi itu berusaha membangun posisi dengan dekat garnisun yang dipakai oleh tentara AS dan pasukan oposisi dukungan AS di sekitar kota kecil al-Tanf.

“Mereka berpotensi menyelidik untuk melihat seberapa dekat mereka bisa menjangkau al-Tanf,” katanya.

Seorang anggota pasukan pemberontak Suriah yang didukung AS mengatakan kepada Reuters bahwa konvoi itu terdiri atas milisi dukungan pemerintah Suriah dan Iran, dan mereka bergerak menuju pangkalanal-Tanf hingga kemudian bentrok dengan pasukan pemberontak.

Milisi itu diserang setelah mereka maju ke sekitar 17 mil (27 km) dari pangkalan tersebut.

Muzahem al Saloum dari kelompok pemberontak Maghawir al-Thawra mengatakan, “Kami memberitahu koalisi bahwa kami diserang oleh tentara Suriah dan Iran di titik ini, pasukan koalisi lantas datang dan menghancurkan gerak maju konvoi itu.”

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis ketika ditanya tentang serangan udara tersebut menyatakan peran AS dalam konflik Suriah tidak berubah.

“Tidak. Kami tidak meningkatkan peran kami dalam perang sipil Suriah. Tapi kami akan mempertahankan pasukan kami,” katanya.

Pasukan khusus AS dan Inggris berkonsentrasi di pangkalan al-Tanaf dan pernah mendapat beberapa kali serangan dalam bulan terakhir.

AS mulai campur tangan militer di Suriah sejak 2014, tapi menghindari keterlibatan langsung dalam perang saudara di Suriah. (mm/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL