irak jet ASBaghdad, LiputanIslam.com –   Sekira 90 tentara Irak dari Divisi 9 Pasukan Lapis Baja terbunuh dan lebih dari 100 lainnya luka-luka terkena serangan angkatan udara Amerika Serikat. Demikian dikatakan oleh sumber anonim militer Irak, seperti diberitakan Rai al-Youm, Sabtu (10/12/2016), tanpa ada penjelasan lebih lanjut kecuali bahwa serangan itu disebutkan terjadi akibat salah sasaran.

Kejadian “salah serang” ini bukanlah yang pertama kalinya, melainkan sudah berulangkali sehingga banyak kalangan di Irak meyakini bahwa serangan itu disengaja untuk melindungi ISIS atau memperlambat kekalahan kawanan teroris takfiri ini.

Tercatat bahwa serangan rupa sebelumnya pernah terjadi antara lain pada 9 Desember di distrik al-Mushrifah, 29 November di desa al-Rahyat, dan 21 November di kawasan al-Sahiliyah, dengan total korban jiwa 30 orang, korban luka lebih dari 100 orang, dan korban materi dalam jumlah besar.

Sumber militer Irak mengatakan pekan lalu pasukan negara ini berhasil menyerbu masuk ke sedikitnya lima kawasan permukiman kota Mosul, yaitu al-Intisar, Jadidah al-Mufti, al-Salam, Yunus al-Sabaawi, dan Falestin, serta mensterilkan jalanan di sana dari ranjau dan bahan-bahan peledak yang ditinggalkan ISIS.

Laporan lain menyebutkan bahwa Sabtu kemarin pasukan Irak berhasil membebaskan dua kawasan permukiman di bagian timur Mosul.

“Pasukan kontra-terorisme berhasil membebaskan sepenuhnya kawasan al-Qadisiyah 1 dan al-Murur di bagian timur Mosul,” ungkap komandan operasi “Qadimun ya, Nainawa” Brigjen Abdul Amir Yarallah dalam sebuah statemennya, sembari menyebutkan bahwa ISIS menderita kerugian besar, baik jiwa maupun materi, dalam pembebasan tersebut.

Seperti diketahui, pasukan Irak memulai operasi militer besar-besaran sejak 17 Oktober lalu sesuai instruksi Perdana Menteri Haider Abadi untuk pembebasan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh di bagian utara Negeri 1001 Malam ini dari cengkraman teroris ISIS. (mm/raialyoum/alsumaria)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL