Washington, LiputanIslam.com –  Kemhan Amerika Serikat (AS), Pentagon, mengklaim bahwa belakangan ini terjalin koordinasi militer antara Iran dan Korut dalam program rudal keduanya.

Pentagon menyatakan bahwa upaya Iran melesatkan rudal cruise dari kapal selam midget belum lama ini merupakan bukti lain adanya pengaruh Korut di Republik Islam Iran. Kementerian ini mengaku memiliki bukti baru adanya pengaruh ini di samping kerjasama kedua negara di bidang proyek rudal.

Menurut perwira pertahanan AS, Iran gagal dalam upayanya meluncurkan rudal Jask-2 di bawah air untuk pertama kalinya, dan pakar non-proliferasi telah lama menduga Korut dan Iran bertukar pengalaman dalam  “program rudal nakal”.

“Rudal pertama yang kami lihat di Iran hanyalah salinan rudal Korea Utara. Selama bertahun-tahun, kami telah melihat foto pejabat Korea Utara dan Iran di negara masing-masing, dan kami telah melihat semua jenis perangkat keras biasa,” kata Jeffrey Lewis, pakar proliferasi rudal dari Middlebury Institute of International Studies, Monterey, California, AS.

Ketika Iran menguji sebuah rudal balistik pada akhir Januari lalu, Pentagon mengatakan bahwa hal itu didasarkan pada desain Korut. Musim panas lalu, Iran melakukan peluncuran rudal lain yang serupa dengan Musudan, rudal paling canggih yang berhasil diuji coba Pyongyang sampai saat ini.

Analis pertahanan mengatakan rudal Taepodong Korut  terlihat hampir sama dengan rudal Shahab Iran.

Lewis menambahkan ,”Di masa lalu, kita melihat hal-hal tertentu di Korea Utara dan kemudian muncul di Iran. Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat beberapa hal kecil muncul di Iran terlebih dahulu dan kemudian muncul di Korea Utara sehingga menimbulkan pertanyaan apakah perdagangan – yang dimulai dari Korea Utara ke Iran – telah mulai berbalik. ”

Peluncuran rudal cruise  Iran dari kapal selam midget di Selat Hormuz diyakini sebagai salah satu upaya perdana Iran untuk mewujudkan prestasi tersebut. Pada tahun 2015, Korut berhasil meluncurkan rudal dari kapal selam untuk pertama kalinya, dan para pejabat meyakini Teheran tidak jauh ketinggalan.  (mm/foxnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL