AS USS KearsargeBeirut, LiputanIslam.com – Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah bergabung dalam serangan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap Yaman, sementara lembaga pemantau HAM HRW menyatakan Saudi menggunakan bom cluster terlarang di Yaman.

“Kapal AS kemarin ikut serta dalam serangan ke Sanaa, khususnya. Mereka meluncurkan rudal cruise terhadap sebuah brigade berkekuatan rudal,” ungkap sebuah sumber militer kepada media Rusia Sputnik, Selasa (01/3/2015), sebagaimana dikutip Press TV.

Sumber itu mencatat bahwa serangan AS itu dimulai setelah jet tempur Saudi gagal menyerang depot senjata milik Ansarullah alias kelompok al-Houthi.

Pernyataan ini menjadi keterangan pertama yang menyebutkan adanya kolaborasi militer antara AS dan Saudi dalam serangan ke Yaman.
Sehari setelah koalisi pimpinan Saudi dan sekutunya memulai serangan udara ke Yaman pada 26 Maret 2015, Presiden AS Barack Obama telah mengekspresikan dukungannya kepada Saudi cs.

Dalam serangan terbaru terhadap pabrik bahan makanan di provinsi Hudaydah di bagian barat Yaman pada Rabu (1/4/2015), sebanyak 29 warga Yaman terbunuh, dan 24 lainnya luka-luka.

Saudi Gunakan Bom Terlarang

Belum lama ini lembaga pemantau HAM internasional Human Right Watch (HRW) mengaku memiliki bukti-bukti bahwa Saudi menggunakan senjata terlarang dalam serangannya ke Yaman.

Sebagaimana dilansir Alalam, HRW menyebutkan bahwa Saudi dan sekutunya telah menggunakan bom cluster serta menyerang lokasi-lokasi permukiman di Sanaa, ibu kota Yaman. Lembaga ini memastikan sebanyak 23 warga sipil, beberapa di antaranya anak kecil, dan 14 rumah hancur, akibat ledakan bom cluster.

HRW mengaku khawatir bom terlarang ini terus digunakan oleh Saudi dan sekutunya dalam invasi mereka ke Yaman.

Saudi memulai serangan ke Yaman dengan ambisi mengembalikan kekuasaan di Yaman kepada presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi yang menjalin aliansi erat dengan rezim Saudi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL