armada iranDjibouti City, LiputanIslam.com – Armada ke-29 Angkatan Laut (AL) Iran dilaporkan telah  merapat di Pelabuhan Djibouti sebagai bagian dari misi Iran memperluas eksistensi AL-nya di perairan internasional.

FNA melaporkan bahwa armada yang terdiri dari kapal pengangkut helikopter dan kapal frigat Sabalan itu tiba di Pelabuhan Djibouti pada Senin (7/4) setelah menuntaskan misinya di Laut Merah, Teluk Aden dan ujung utara Samudra Hindia, dan dijadwal singgah di Djibouti City, ibu kota Djibouti, selama tiga hari untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Samudera Atlantik.

Sebelumnya, komandan armada Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan bahwa armada ke-29 Angkatan Laut Iran itu dikirim dalam misi pengamanan jalur pelayaran Iran di perairan internasional sekaligus memberikan pelatihan bagi anggota baru. Dia menambahkan bahwa Iran menjadi salah satu negara penting yang mengamankan kapal-kapal yang berlayar di perairan Teluk Aden dan Selat Bab al-Mandeb yang sarat kawanan bajak laut.

Dalam beberapa tahun terakhir, AL Iran telah meningkatkan kehadirannya di perairan internasional untuk melindungi rute pelayaran dan memberikan keamanan bagi kapal-kapal dagang dan tanker.

Sejalan dengan upaya internasional memerangi pembajakan, AL Iran melakukan patroli anti pembajakan di Teluk Aden demi melindungi kapal-kapal yang terlibat dalam perdagangan maritim, terutama kapal dan tanker minyak milik Iran sendiri atau yang disewa oleh negara ini. AL Iran aktif menggelar patroli di Teluk Aden sejak tahun 2008, yaitu sejak perompak Somali membajak kapal Kargo MV Delight yang dicarter Iran di lepas pantai Yaman.

Sesuai resolusi Dewan Keamanan PBB, berbagai negara dapat mengirim kapal perangnya ke Teluk Aden dan perairan pantai Somalia untuk menumpas bajak laut.  Dengan pemberitahuan sebelumnya kepada pemerintah Somalia mereka dapat memasuki wilayah perairan Somalia untuk memburu perompak. (mm/fna/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL