irak jet tempurBaghdad, LiputanIslam.com – Ratusan anggota gerilyawan ekstrimis Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dan sejumlah besar kendaraan serta peralatan tempur mereka hancur dihantam serangan udara tentara Irak di provinsi Salah al-Din, demikian dinyatakan Kementerian Pertahanan Irak Sabtu (14/6/2014).

Menurut laporan al-Sumaria, TV resmi Irak memberitakan bahwa sebanyak lebih dari 200 teroris dari kelompok ISIS terbunuh akibat serangan udara terhadap tempat perkumpulan mereka di sebuah area perkebunan di distrik Baiji, provinsi Salah al-Din.

Sebelumnya di hari yang sama, Gubernur Salah al-Din Ahmad Abdullah al-Jibori mengumumkan bahwa tentara Irak dari satuan Komando Samarra telah membebaskan kawasan al-Muktasim dan membuka akses menuju Baghad serta membunuh 170 teroris.

Untuk diketahui, situasi keamanan di Irak bergolak menyusul serbuan gerilyawan ISIS ke Mosul serta jatuhnya kota ini ke tangan kelompok teroris terafiliasi dengan al-Qaeda tersebut pada tanggal 10 Juni lalu. Krisis keamanan ini membuat Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengumumkan status siaga penuh, ratusan ribu penduduk mengungsi, para ulama dari semua mazhab menyerukan fatwa jihad melawan ISIS, dan tentara Irak bersama ribuan relawanpun bahu membahu memerangi militan ISIS. (mm/alsumaria)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL