saudi suriah London, LiputanIslam.com – Pemerintah Arab Saudi akan mengirim bantuan senilai 70 juta Dolar Amerika Serikat (AS) kepada kelompok-kelompok teroris di Suriah. Arab Press melaporkan, Ahmad Farid, salah satu tokoh oposisi Arab Saudi Senin (16/3/2015) mengatakan, “Arab Saudi bermaksud mengirim bantuan baru senilai 70 juta Dolar AS kepada kelompok-kelompok teroris yang aktif di wilayah Suriah.”

Farid menyatakan pemerintah Riyadh mengklaim bantuan itu ditujukan sebagai layan sosial, bantuan untuk kelompok-kelompok pilihan serta untuk pendidikan dan dokumentasi kejahatan perang di Suriah.

Menurut Farid, klaim itu dinyatakan Riyadh sementara kelompok-kelompok kontra pemerintah Suriah hanya tinggal ISIS dan Front al-Nusra, karena kelompok terakhir yang telah dibasmi oleh al-Nusra adalah gerakan Hazm sehingga roket, senjata dan peralatan perang bantuan AS dan Israel lainnya untuk gerakan ini telah direbut oleh al-Nusra.

Farid juga menyebutkan bahwa sesuai kesepakatan antara Presiden Turki Recep Tayip Erdogan dan Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi yang terjadi belum lama ini, keduanya berkomitmen untuk meningkatkan bantuan kepada para ekstrimis di Suriah agar perkembangan situasi di negara ini dapat membuahkan hasil-hasil yang signifikan dan setimpal dengan sepak terjang Ankara dan Riyadh. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*