nikolay mladenov bendera irakBaghdad, LiputanIslam.com – Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Urusan Irak Nikolay Mladenov di akhir masa tugas 18 bulannya di Baghdad , Kamis (5/3/2015), mengapreasi Perdana Menteri Irak Haider Abadi dan mengaku optimis terhadap masa depan negara ini.

Mladenov menilai sektarianisme di kancah politik Irak sedang menyurut sehingga optimisme pada keterjagaan persatuan negara ini menguat.

Dia memuji sepak terjang Haider Abadi dalam berusaha mencegah terpecahnya Irak. Menurutnya, dalam enam bulan ini banyak prestasi yang sudah dicetak oleh Abadi, namun berbagai tantangan besar masih menghadang.

“Sekarang ada harapan bahwa Irak akan melakukan rekonstruksi dan menggalang kemajuan dengan melibatkan semua kalangan Irak,” tuturnya kepada AFP.

Diplomat asal Bulgaria itu menambahkan, “Sekarang pemerintah Irak lebih luas jangkauannya dan mendapat dukungan regional dan global secara lebih luas… Sekarang ada kesatuan tujuan yang jelas di antara Perdana Menteri, Presiden dan ketua parlemen Irak mengenai keamanan dan berbagai tantangan utama negara ini.”

Selesai menjalani masa tugasnya sebagai utusan PBB untuk urusan Irak, Mladenov kini menempati jabatan baru sebagai kordinator khusus PBB untuk urusan perdamaian Timur Tengah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*