Riyadh, LiputanIslam.com –  Mantan penasehat Kerajaan Arab Saudi Anwar Eshki dalam wawancara dengan RT milik Rusia, Selasa (24/10/2017), , menyatakan memang ada “komunikasi” antara negaranya dan Rezim Zionis Israel, tapi dia beralasan bahwa komunikasi ini hanya berada di ranah “ilmiah, pemikiran, dan kemanusiaan, bukan komunikasi politik.”

Eshki yang kini menjabat Ketua Middle East Centre for Strategic and Legal Studies, Jeddah, Arab Saudi,  ini menjelaskan, “Tujuan Kerajaan Saudi sekarang inilah prinsip-prinsip yang diakui PBB dan disepakati oleh Arab, yaitu prakarsa Arab untuk perdamaian…  Di Israel, sebagaimana di dunia Arab, terdapat para ekstremis dan radikalis, tapi ada pula non-ekstremis, dan para ekstremis sudah menjadi kelompok minoritas di Israel.”

Menurutnya, sejak tiga tahun silam koran Haaretz milik Israel telah melakukan investigasi jurnalistik dan jajak pendapat di Israel yang hasilnya ialah bahwa 75 persen rakyat Israel menghendaki perdamaian., dan “semua yang berkisar dalam masalah ini berjalan sesuai prakarsa Arab.”

Dia lantas menjelaskan bahwa dalam urusan Palestina terdapat dua aspek global dan aspek detail. Aspek global adalah yang apa yang dilakukan oleh negara-negara Arab, Amerika Serikat (AS), dan lain-lain, sedangkan aspek detailnya adalah urusan orang-orang Palestina dan Israel sendiri.

“Jika kita mengutamakan urusan detail atas urusan global maka masalah ini akan guncang dan tidak akan tercapai penyelesaian,” ujarnya.

Dia juga mengklaim bahwa semua pihak siap berunding, dan bahwa Israelpun siap mengendurkan sikapnya terkait pembangunan permukiman Zionis demi kepentingan para pengungsi Palestina.

Ditanya mengenai opini publik Saudi mengenai normalisasi hubungan dengan Israel, jenderal purnawirawan Saudi ini mengatakan, “Sepengetahuan saya, sesuai apa yang saya dengar dan apa yang dikatakan oleh (mendian) Raja Abdullah, tidak ada normalisasi hubungan dengan Israel. Semua yang mengemuka adalah gosip. Israel harus menerapkan prakarsa Arab, bukan mengakuinya saja.” (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL