Tartus, LiputanIslam.com –  Rusia menggerakkan kapal-kapal perangnya dari pangkalan Tartus, Suriah, menuju kawasan lepas pantai untuk menghadang kapal-kapal perang pihak lain dan mencegat rudal-rudal yang mungkin dilesatkan sejumlah negara Barat, terutama Amerika Serikat (AS), ke wilayah Suriah, sementara para pakar menilai tidak tertutup kemungkinan Suriah akan menghadapi sendiri rudal-rudal tersebut.

Dalam perkembangan ini Rusia juga mengintensifkan berbagai jenis kapal perangnya di Tartus untuk menghadapi kawanan bersenjata di Suriah, setelah Presiden AS Donald Trump mengancam akan menggempur Suriah dengan dalih adanya dugaan penggunaan bom kimia oleh tentara Suriah.

Hasil pencitraan satelit Israel sebelumnya juga dilaporkan telah menangkap adanya pergerakan kapal-kapal Rusia tersebut, sementara sumber-sumber militer Perancis di Paris menilai pergerakan itu ditujukan supaya kapal-kapal itu dapat bergerak leluasa apabila nanti Moskow mengambil keputusan untuk berkonfrontasi dengan Washington terkait  Suriah.

Rusia meragukan manuver retorika Trump bahwa waktu untuk menyerang Suriah masih belum diputuskan. Sebab, AS memiliki beberapa pangkalan di Timteng,  dan kapal-kapal  Armada VI AS dapat melancarkan serangan ke Suriah dari jarak lebih dari 2500 kilometer. Selain itu, pesawat siluman pembom B2-Spirit milik AS juga hanya memerlukan waktu beberapa jam saja untuk melesat dari AS menuju Timteng, dan skenario inilah yang lebih kuat dibanding  skenario penantian tibanya kapal-kapal induk.

Ada ketidak jelasan di kalangan Barat mengenai kesiapan Suriah, namun diduga kuat bahwa Rusia telah membekali Suriah dengan rudal-rudal anti jet tempur jenis Pantsir-S1 dan S-400 serta memperkuatnya dengan sistem Polyana D4M1 sehingga Suriah akan menghadapi sendiri serangan Barat.

Pada pekan lalu Israel merudal Lanud T-4 milik Suriah. Dalam peristiwa ini tentara Suriah dapat merontokkan 5 dari 8 rudal yang dilesat oleh jet tempur F-15 Israel, dan ini merupakan angka yang relatif tinggi. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL