Sanaa, LiputanIslam.com – Gerakan Ansarullah (Houthi) di Yaman menyatakan akan menghadiri perundingan damai yang akan diselenggarakan di Swedia dengan sponsor PBB pekan mendatang dengan syarat “kontinyuitas jaminan” bagi kepergian dan kepulangan delegasi Ansarullah.

Tokoh papan atas Ansarullah Mohammad Ali al-Houthi melalui akun Twitter-nya, Kamis (29/11/2018), menyatakan, “Saya yakin bahwa delegasi nasional (Ansarullah) akan ada di Swedia, dengan izin Allah, pada 3 Desember, jika jaminan untuk kepergian dan kepulangan berlanjut, dan ada indikasi-indikasi positif yang menunjukkan bahwa pihak-pihak lain juga mementingkan perdamaian.”

Ini merupakan yang pertama kalinya Ansarullah memberikan pernyataan sedemikian gamblang bahwa mereka akan menghadiri perundingan damai, meskipun sejak beberapa waktu lalu mereka berulang kali menegaskan dukungannya kepada upaya perdamaian.

Sebelumnya, pihak lawan Ansarullah yang merupakan kubu mantan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi juga menyatakan akan menghadiri perundingan damai di Swedia.

Pada September lalu PBB gagal menyelenggarakan perundingan damai di Jenewa setelah Ansarullah pada saat-saat terakhir menjelang hari H menolak kepergian ke luar negeri dengan alasan tak ada jaminan delegasinya akan dapat pulang ke Sanaa, ibu kota Yaman, yang mereka kuasai.

Perundingan damai dinilai sebagai kesempatan terbaik untuk meredakan perang yang berkobar di Yaman sejak tahun 2014 di tengah tekanan internasional untuk pencegahan tragedi kelaparan di Yaman.

Sejak Arab Saudi dan sekutunya melakukan intervensi militer ke Yaman pada Maret 2015 sekira 10,000 orang yang sebagian besar adalah warga sipil terbunuh.

Sekjen PBB António Guterres Rabu lalu menyatakan siap menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman untuk membicarakan perundingan damai Yaman.

“Jika kita dapat menghentikan perang di Yaman maka kita dapat menghentikan krisis kemanusiaan terbesar yang kita hadapi di dunia,” ujarnya. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*