الجيش واللجان الثورية تحكم الطوق على عدن وهادي يفرّ..

Pasukan Ansarullah dan tentara Yaman bergerak dekati Aden

Sanaa, LiputanIslam.com – Pasukan Komite Rakyat yang terafiliasi dengan gerakan Ansarullah atau kelompok al-Houthi terus bergerak cepat ke arah selatan Yaman, sementara keluarga presiden tersingkir Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi dilaporkan kabur.

Seorang narasumber mengatakan kepada lembaga pemberitaan  Fars, Rabu (24/3/2015) bahwa keluarga Hadi kabur dari provinsi Aden menuju provinsi Hadhramaut, dan dari situ diperkirakan akan bergerak lagi menuju Oman. Sumber itu juga menyebutkan bahwa putera Hadi, Jalal, melarikan diri ke Dubai membawa banyak harta.

Mengenai Hadi sendiri, menurut laporan situs al-Yaman al-An yang dikutip Ashar al-Awsat, sumber-sumber yang dekat dengannya di Aden menepis laporan berbagai media bahwa dia kabur dari kota ini. Mereka menyatakan bahwa Hadi masih ada di Aden dan memimpin pertempuran.

Di bagian lain, Fars menyebutkan bahwa gerakan Ansarullah yang didukung tentara Yaman telah menguasai pangkalan Labuzah di bagian selatan provinsi Lahij di utara Aden. Jatuhnya pangkalan ini ke tangan Ansarullah membuat pasukan al-Qeada dan berbagai kelompok pendukung Hadi kocar-kacir dan melarikan diri.

Beberapa saksi mata menyatakan bahwa pasukan Ansarullah sudah masuk ke provinsi Aden sejauh 15 km.

Hadi Selasa malam (24/3/2015) meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) supaya segera turun tangan mencegah gerak maju pasukan Ansarullah.

Al-Mayadeen melaporkan bahwa permintaan itu dinyatakan tak lama setelah ada kabar jatuhnya pangkalan udara al-Anad dekat kota Aden ke tangan pasukan Ansarullah. Pasukan pendukung Hadi yang semula bertahan di Pangkalan al-Anad memilih kabur secara massal.

Jenderal Mahmoud al-Subaihi dan Kolonel Thabit Jawas, dua komandan pasukan pendukung Hadi juga turut meninggalkan pangkalan itu dan mengatakan bahwa pasukan Ansarullah terus bergerak ke berbagai kawasan selatan Yaman.

Laporan terbaru juga bahwa pasukan Ansarullah belum masuk ke dalam kota al-Dhalea, melainkan baru mengepung kota ini. Sebelumnya ada kabar bahwa pasukan Ansarullah dan tentara Yaman telah mengusai kantor-kantor negara di kota itu. Namun, kawasan al-Habilain di provinsi Lahij telah jatuh ke tangan mereka. (Baca juga: Gawat, Ansarullah Ancam “Bebaskan” Mekkah dan Riyadh Jika Saudi Intervensi Yaman(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*