Sanaa, LiputanIslam.com –  Kelompok Ansarullah (Houthi) mengaku berhasil merontokkan satu unit jet tempur pasukan koalisi Arab di Sanaa, ibu kota Yaman, Jumat (27/10/2017), namun belum ada tanggapan dari pihak koalisi pimpinan Arab Saudi tersebut.

Pernyataan Ansarullah ini disusul dengan statemen angkatan udara Yaman yang pro-Ansarullah bahwa pihaknya akan mengubah perimbangan kekuatan setelah berhasil menjatuhkan jet tempur jenis Typhoon buatan Amerika Serikat di Sanaa.

“Jet tempur jenis Typhoon milik Saudi telah tertembak jatuh beberapa jam setelah pernyataan Bin Salman (Putera Mahkota merangkap Menhan Saudi). Perpanjangan angan-angan para agresor itu tidak berguna bagi Kerajaan (Saudi),” ungkap Mayjen Ibrahim al-Shami kepada saluran TV Al-Masirah milik Ansarullah, Jumat malam.

Dia menambahkan, “Perimbangan di udara sudah hampir berubah, janji pimpinan revolusi hendaknya ditangkap oleh musuh dengan serius, dan Yaman memiliki kemampuan untuk mengembangkan pertahanan udara.”

Dia berjanji akan membuat “kejutan-kejutan” bagi koalisi Arab selagi agresi terhadap Yaman masih berlanjut.

Kantor berita Yaman, Saba, dalam breakingnews-nya juga melaporkan bahwa pertahanan udara Ansarullah “telah menjatuhkan jet tempur musuh.”

Tanpa menyebutkan nama sumbernya, Saba menambahkan bahwa jet tempur Typhoon telah dirontok diterjang rudal darat ke udara di wilayah Nahum di utara Sanaa.

Ansarallah tidak menunjukkan foto serpihan jet tempur itu dan tidak pula menyebutkan bagaimana nasib pilotnya, sementara pihak koalisi Arab juga tidak atau belum menanggapi klaim tersebut. (mm/rayalyoum/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL