Sanaa, LiputanIslam.com –  Satu kapal frigate milik Arab Saudi mendapat serangan dari pasukan Ansarullah (Houthi) Yaman ketika sedang berpatroli di sekitar pelabuhan Hodeida, Yaman Barat, Senin (31/1/2017).

Pasukan koalisi pimpinan Saudi menyatakan serangan itu dilakukan dengan aksi bom bunuh diri oleh milisi Ansarullah dengan cara menabrakkan perahu hingga terjadi ledakan hebat, sementara tentara Yaman dan pasukan Komite Rakyat Yaman menyatakan serangan itu dilakukan dengan menembakkan rudal.

Pasukan koalisi mengonfirmasikan serangan itu sembari menyatakan bahwa kapal Saudi itu dapat “menangani  perahu-perahu itu sesuai keperluan.”

Disebutkan bahwa satu perahu Houthi bertabrakan dengan bagian belakang kapal perang Saudi, mengakibatkan ledakan perahu dan kebakaran di bagian belakang kapal. Awak kapal Saudi mampu memadamkan api, tapi dua anggotanya tewas sementara tiga lainnya luka-luka.

“Kapal Saudi terus menjalankan tugas patroli di wilayah operasi, sedangkan angkatan udara dan kapal pasukan koalisi  mengejar perahu-perahu yang melarikan diri untuk menindak mereka,” bunyi statemen pasukan koalisi.

Pasukan yang mengagresi Yaman dengan dalih membela pemerintahan Abd Rabbuh Mansour Hadi ini mengklaim penggunaan pelabuhan Hodeida oleh Ansarullah sebagai landasan untuk “operasi teror” merupakan perkembangan serius yang akan mempengaruhi navigasi internasional  serta bantuan kemanusiaan dan medis untuk rakyat Yaman melalui pelabuhan itu.

Di pihak lain, tentara Yaman loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh dan pasukan Komite Rakyat yang berafiliasi dengan Ansarullah menegaskan pihaknya telah menyerang kapal perang Saudi itu dengan rudal karena kapal itu melanggar kedaulatan Yaman dan menyerang warga sipil dan fasilitas yang ada di kawasan pesisir Hodeida.

Sumber tentara Yaman menjelaskan bahwa kapal perang Saudi itu membawa 176 tentara, dan kemudian mendapat serangan rudal “dengan sangat tepat” hingga terjadi kebakaran pada bagian kapal setelah pasukan Yaman melakukan pengintaian secara seksama. (mm/alarabiya/kuna/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL