Sanaa, LiputanIslam.com –  Kelompok Ansarullah (Houthi) telah menyerang Bandara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), dengan pesawat nirawak Samad-3, Kamis malam (26/7/2018).

“Pesawat nirawak Samad-3 telah melancarkan beberapa serangan ke Bandara Internasional Abu Dhabi pada Kamis malam,” ungkap sumber dari unit Pasukan Udara Yaman.

Pihak Bandara Abu Dhabi mengakui telah terjadi apa yang disebutnya “sebuah insiden” dan “mengikuti perkembangannya dari dekat dengan kerjasama otoritas khusus, dan publik akan mengetahui perkembangan terbarunya jika tersedia.”

Sumber Yaman menyatakan bahwa jalur penerbangan dari dan menuju Bandara Abu Dhabi terhenti setelah terjadi serangan nirawak Samad-3, namun otoritas Bandara Abu Dhabi mengatakan bahwa insiden itu tidak sampai mengganggu aktivitas penerbangan.

Pasukan Udara Yaman mengungkap adanya generasi baru nirawaknya yang berjarak tempuh 1000 kilometer.

Seorang narasumber mengatakan kepada laman al-Masirah milik Ansarullah bahwa nirawak baru itu diberinama “Samad-3”, dan “Samad” berasal dari nama “Salih al-Samad” yang telah gugur setelah berperan besar dalam pengembangan pesawat nirawak Yaman.

Sumber anonim ini mengatakan bahwa nirawak generasi baru telah melancarkan beberapa kali pemboman ke Bandara Internasional Abu Dhabi sebagai pembalasan atas kejahatan UEA yang juga berperan sebagai pemimpin dalam pasukan koalisi anti-Yaman.

Jubir militer Yaman Kolonel Aziz Rashid memastikan nirawak itu berhasil merealisasikan tujuan pertamanya dalam misi serangan ke Bandara Abu Dhabi, dan serangan-serangan telak lain terhadap UEA akan menyusul.

Dia menambahkan bahwa serangan ini merupakan pesan bagi UEA yang selama ini mengira bahwa Yaman tak dapat membalas serangan hingga ke UEA.

Sekira satu minggu sebelumnya, Ansarullah juga telah mengungkap adanya nirawak Samad-2 miliknya yang berjarak tempuh 100 kilometer dan telah digunakan untuk menyerang komplek perminyakan Aramco milik Arab Saudi di Riyadh.  (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*