milisi al-houthi yamanSanaa, LiputanIslam.com – Gerakan Ansarullah atau yang lebih dikenal dengan kelompok Ansarullah sepakat untuk menyudahi kontak senjata yang telah berlangsung beberapa hari dan menelan puluhan korban tewas antara kelompok ini dan kelompok-kelompok pendukung Partai Islah. Demikian dinyatakan oleh pihak yang ikut terlibat dalam mediasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Yaman, sebagaimana diberitakan Alalam Jumat kemarin (19/9).

Sebuah sumber yang terlibat dalam mediasi di kota Saadah tersebut menyatakan kepada pers bahwa pemimpin gerakan Ansarullah, Abdel Malik al-Houthi, telah menunjuk dua orang wakilnya untuk menandatangani kesepakatan gencatan senjata di Sanaa pada Jumat kemarin atau hari ini, Sabtu (20/9).

Hingga kini belum ada keterangan detail mengenai kesepakatan yang diupayakan secara intensif oleh utusan PBB Jamal bin Umar tersebut untuk menghentikan gencatan senjata di Sanaa dan beberapa kawasan sekitarnya.

Dalam perundingan di Saadah dengan al-Houthi juga hadir perwakilan dari Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi bersama utusan PBB.

Sebelumnya disebutkan untuk menghentikan kontak senjata pihak Ansarullah mengajukan syarat mundurnya pemerintahan Mansur Hadi, partisipasi kelompok al-Houthi dalam penunjukan perdana menteri Yaman, dan dijaminnya akses laut untuk mereka.

Dalam beberapa hari terakhir terjadi pertempuran sengit antara milisi Ansrallah dan beberapa kelompok suku pendukungnya di satu pihak dan kelompok-kelompok yang mereka sebut takfiri pendukung Partai Islah di pihak lain di kawasan al-Qabil dan Shamlan di utara Sanaa. Pertempuran banyak merenggut korban di kedua belah pihak dan menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya perang saudara dalam skala besar.

Disebutkan bahwa selain berhasil menguasai kawasan Hamdan, kubu Ansarallah bergerak ke arah pangkalan besar al-Salan setelah mereka menguasai kawasan al-Ghail di provinsi al-Jouf. Mereka juga mengaku berhasil mengusir kelompok-kelompok ekstrimis dari provinsi tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL