Sanaa, LiputanIslam.com –  Kelompok pejuang Yaman Ansarullah (HouthI) menegaskan bahwa Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab (UEA), merupakan sasaran langsung rudal balistik Yaman. Bersamaan dengan ini, mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh menegaskan bahwa perang ini bukanlah perang saudara di Yaman, melainkan perang Yaman melawan Arab Saudi.

“Abu Dhabi merupakan sasaran militer utama dan langsung rudal-rudal balistik kami,” tandas jubir Ansarullah, Mohammad Abdul Salam, dalam wawancara dengan TV Al Jazeera, Sabtu (28/10/2017), yaitu sehari menjelang pertemuan para menlu dan kepala staf angkatan bersenjata negara-negara anggota koalisi Arab di Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Abdul Salam yang juga menjabat kepala delegasi perunding Ansarullah juga menyebutkan bahwa dalam beberapa minggu terakhir ini terjadi eskalasi operasi militer Yaman di garis perbatasan antara negara ini dan Saudi.

“Kami akan meningkatkan operasi militer kami di perbatasan dan akan menyasar kedalaman wilayah Saudi,” imbuhnya.

Perang Yaman mengalami eskalasi operasi militer dua hari setelah Putera Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman menyatakan perang ini akan terus berlanjut demi mencegah menjelmanya Ansarullah sebagai “Hizbullah kedua”.

Sementara itu, mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh yang bersekutu dengan Ansarullah menyatakan bahwa perang yang terjadi di negaranya adalah perang Yaman melawan Saudi, bukan perang saudara Yaman seperti yang didengungkan selama ini.

“Bukti bahwa ini adalah perang Saudi-Yaman adalah pernyataan Putera Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman,” katanya di depan para petinggi Partai Kongres Nasional yang dipimpinnya.

Dia menambahkan, “Sejak dini telah kami katakan kepada bangsa kami dan kepada setiap orang yang mementingkan kebijakan perang Saudi-Yaman, mereka mengatakan tak ada perang saudara. Sama sekali tidak ada perang sesama orang Yaman, dan orang yang memimpin perang adalah sekelompok orang bayaran yang sama sekali tidak berbobot.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL