Sanaa, LiputanIslam.com –  Pemimpin gerakan Ansarullah Yaman Abdul Malik al-Houthi memastikan rudal Yaman sudah dapat menjangkau Riyadh, ibu kota Arab Saudi, dan Yaman kini juga sudah memulai proses pembuatan pesawat niwarak (drone).

“Kami telah berhasil menempuh langkah-langkah militer penting, terutama dalam penguatan rudal hingga kelas Burkan 2 yang mencapai Riyadh, dan insya Allah selanjutnya akan mencapai lebih jauh dari Riyadh.,” katanya dalam pidato yang ditayangkan TV al-Masirah milik Ansarullah, Jumat (10/2/2017).

Dia menambahkan bahwa pihaknya juga sudah memulai pembuatan drone dengan “kemampuan terbang lebih tinggi, jarak tempuh lebih jauh, dan fungsi yang lebih efektif.”

Dia menegaskan bahwa agresi Saudi ke Yaman merupakan agenda Amerika Serikat dan Israel yang dijalankan oleh pihak pecundang di Timteng.

Pernyataan al-Houthi ini disampaikan seminggu setelah tentara Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan berhasil menghancurkan satu unit drone yang digunakan Ansarullah untuk menyerang pasukan loyalis presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi di kota Mukha, provinsi Taiz, bagian barat Yaman.

Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi yang bersekutu dengan Hadi mengklaim drone itu buatan Iran, tapi pihak Ansarullah memastikannya buatan Yaman sendiri.

Sementara itu, kantor berita Yaman, Saba, melaporkan puluhan pasukan loyalis Hadi tewas diserang pasukan Ansarullah yang bersekutu dengan pasukan loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh di timur Mukha, Jumat.

Disebutkan bahwa satu di antara puluhan pasukan yang tewas itu adalah Muhsin al-Awlaqi, salah seorang komandan kelompok teroris al-Qaedah.

Seperti diketahui, sejak Maret 2015 sampai sekarang Yaman menjadi sasaran agresi militer pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi dengan dalih membela pemerintahan Hadi yang tersingkir oleh revolusi rakyat yang digerakkan oleh Ansarullah.

Agresi itu telah menewaskan lebih dari 11,000 orang, melukai puluhan ribu orang lainnya serta menyebabkan jutaan orang mengungsi dan menghancurkan banyak fasilitas infrastruktur Yaman. (mm/almasirah/raialyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL