roket ansarullah yamanSanaa, LiputanIslam.com – Pasukan Ansarullah yang didukung tentara Yaman loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh berhasil merebut kota Wazaiyyah di bagian selatan provinsi Taiz yang bersebelah dengan provinsi Lahij, Yaman selatan, setelah satu minggu menjalani pertempuran sengit dengan pasukan Yaman pro-Arab Saudi. Bersamaan dengan ini tersiar kabar bahwa beberapa perwira militer Saudi ditawan oleh pasukan Yaman

Portal Yaman Now, Minggu (3/4) melaporkan, pasukan bayaran Arab Saudi mengakui pasukan Ansarullah berhasil menguasai 70 persen wilayah kota Wazaiyah, dan banyak anggota mereka yang tewas, luka, dan sebagian lain kabur dari medan pertempuran.

Pasukan pro Saudi itu menyatakan mereka kalah karena kehabisan amunisi dan tidak ada pasokan senjata untuk mereka.

Sejak Sabtu malam pasukan Ansarullah menggelar razia pasukan antek Saudi di gedung-gedung pemerintahan di bagian pusat Wazaiyyah serta beberapa kawasan yang mengarah kepadanya.

Sementara itu, pemilik akun Twitter terkenal Saudi, Mujtahidd, Sabtu (3/4) mengungkapkan bahwa sejumlah perwira militer Saudi, termasuk Kolonel Abdullah Qahtani, ditawan oleh pasukan Yaman di dekat perbatasan Saudi dengan Yaman, tepatnya di kawasan Asir, selatan Saudi. Menurutnya, penawanan itu terjadi setelah gencatan senjata di wilayah itu gagal.

Sejauh ini, laporan Mujtahidd itu belum dikonfirmasi, baik dari pihak Saudi maupun pihak Yaman.

Saudi dan sembilan negara Arab sekutunya menggempur Yaman dengan dukungan Amerika Serikat sejak Maret 2015 sampai sekarang. Saudi bersumpah untuk menumpas Ansarullah yang didukung militer Yaman demi memulihkan pemerintahan Mansour Hadi, tapi Saudi gagal memenuhi sumpah itu.

Serangan Saudi dan sekutunya ke Yaman telah menjatuhkan ribuan korban jiwa dan luka yang sebagian besar adalah warga sipil, termasuk perempuan dan anak kecil, serta menghancurkan sekitar 80 persen fasilitas infrastruktur Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL