Sanaa, LiputanIslam.com –  Gerakan Ansarullah (Houthi) di Yaman mengaku telah menggempur komplek perusahaan minyak Aramco di Arab Saudi dengan rudal balistik, Kamis (22/3/2018).

TV al-Masirah milik Ansarullah menyatakan bahwa pasukan rudalnya telah meluncurkan satu rudal balistik jarak pendek Badr 1 ke arah komplek Aramco di Najran.

Hingga berita ini disusun, al-Masirah belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai serangan rudal tersebut, sementara Arab Saudi juga belum memberikan komentar.

Rudal Badr 1 yang digunakan Ansarullah untuk menggempur Aramco merupakan rudal yang baru diungkap.  Dilaporkan bahwa rudal ini berbahan bakar padat dan berkecepatan 4,5 mach.

Jubir tentara Yaman Brigjen Sharaf Ghalib Luqman menyatakan ada beragam jarak tempuh untuk rudal ini, dan juga terdapat sistem-sistem lain yang akan terungkap di masa mendatang.

Dia mengingatkan bahwa pasukan Yaman akan menggempur instalasi-instalasi perekonomian Saudi, baik yang menetap maupun yang bergerak, jika Saudi melanjutkan agresinya terhadap Yaman.

Sehari sebelumnya, Pasukan pertahanan udara tentara Yaman dan Komite Rakyat yang berafiliasi dengan kelompok Ansarullah (Houthi) menyatakan pihaknya berhasil merontokkan jet tempur F-15 milik Arab Saudi di angkasa provinsi Sa’dah di bagian utara Yaman.

Dalam sebuah pengggalan video yang dipublikasi oleh Ansarullah berkenaan dengan peristiwa itu terlihat satu rudal melesat ke angkasa dan kemudian terlihat pula ledakan kuat.  (mm/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*