Sanaa, LiputanIslam.com –  Saluran TV Al-Masirah milik kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) melaporkan bahwa kelompok pejuang di Yaman ini telah meluncurkan satu rudal balistik dan menimpa sasaran militer di Arab Saudi.

Al-Masirah, Kamis (30/11/2017) menyebutkan, “Tentara dan pasukan Komite Rakyat telah berhasil mengujicoba sebuah rudal balistik jarak menengah dengan sasaran militer di Saudi, dan mengena sasaran ini dengan akurat.”

Hingga berita ini disusun belum ada komentar dari juru bicara koalisi Arab pimpinan Saudi.

Beberapa jam sebelumnya Pemimpin Ansarullah Sayyid Abdel Malik Al-Houthi mengingatkan kontinyuitas blokade Saudi terhadap Yaman dan mengancam akan bereaksi dengan “langlah-langkah sensitif.”

“Kami memperingatkan kekuatan-kekuatan agresor soal kontinyuitas penutupan pintu-pintu perbatasan… Kami menegaskan hak kami menempuh langkah-langkah sensitif, dan kami mengetahui titik-titik kelemahan yang dapat kami sasar,” ujar Al-Houthi.

Saudi dan sekutunya memperketat blokadenya terhadap Yaman dengan menutup semua perbatasan negara ini setelah Ansarullah melesatkan rudal ke Riyadh, ibu kota Saudi, pada 4 November lalu. Saudi baru mencoba melonggarkan blokadenya pada pekan lalu setelah mendapat tekanan internasional, namun PBB menganggapnya masih belum cukup.

Yaman dilanda konflk berdarah antara Ansarullah dan pasukan pemerintah  sejak tahun 2014. Ansarullah kemudian berhasil menguasai  Sanaa, ibu kota negara ini, pada September tahun itu.

Perang meluas setelah pasukan koalisi Arab pimpinan Saudi mengentervensi Yaman sejak Maret 2015, yaitu setelah Ansarullah berhasil menguasai sebagian besar wilayah negara termiskin di Semenanjung Arab ini.

Intervensi ini menyebabkan belasan ribu orang terbunuh dan puluhan ribu lainnya luka-luka, terutama dari kalangan sipil. (mm/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL