Sanaa, LiputanIslam.com –  Kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman mengancam akan merudal semua bandara dan pelabuhan di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA).

Ancaman ini dinyatakan beberapa jam setelah Putera Mahkota Saudi Mohamad Bin Salman menuding Iran melancarkan “agresi militer langsung” terhadap Saudi melalui dukungannya kepada Ansarullah, dan Iranpun membantah dengan menyebut tuduhan ini “tidak faktual”.

Di New York, Dubes AS untuk PBB Nikki Haley menuding Irak melanggar ketentuan internasional.

Memanasnya hubungan Saudi dengan Iran membuat harga minyak melejit hingga level tertinggi dalam dua tahun terakhir, dan menimbulkan keresahan di pasar-pasar Teluk Persia.

Ansarullah Yaman Sabtu lalu mengaku masih memiliki rudal-rudal yang dapat menerjang sasaran-sasaran di kedalaman Saudi meskipun pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi sudah hampir tiga tahun melancarkan agresi militer tanpa henti terhadap Yaman.

Hari itu pula Ansarullah melesatkan rudal balistiknya ke bandara internasional di Riyadh, dan Saudi lantas mengaku dapat merontokkan rudal itu hingga serpihannya berjatuhan di lokasi tak jauh dari bandara.

Rudal bernama “Burkan H-2” itu tercatat sebagai rudal pertama yang mencapai Riyadh dari Yaman sejak Saudi dan sekutunya melancarkan invasi militer ke Yaman.

“Tekad kami tidak akan runtuh… Semua bandara, pelabuhan, pintu perbatasan, dan kawasan-kawasan vital bagi mereka akan menjadi target langsung senjata Yaman yang relevan,” ungkap Ansarullah, seperti dilansir kantor berita Yaman, Saba.

Ansarullah menambahkan, “Kami tidak berpangku tangan, dan kami akan mempelajari opsi-opsi yang lebih besar dan sengit demi menghentikan peningkatan blokade, pelaparan, dan penghinaan terhadap bangsa Yaman.”

Saudi dan UEA merupakan dua kekuatan utama dalam koalisi Arab yang memerangi Ansarullah dan sekutunya sejak tahun 2015 demi menyokong pemerintahan presiden tersingkir Yaman, Abd Rabbuh Mansour Hadi. (mm/rayalyoum)  

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL