Sanaa, LiputanIslam.com – Kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman, Ahad (21/4/2019), menyatakan pihaknya telah mengemmpur sebuah kamp militer di bagian selatan Arab Saudi hingga puluhan tentara Saudi dan pasukan loyalis presiden tersingkir Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi tewas dan luka.

“Sembilan perwira Saudi dan 45 tentara bayaran Yaman tewas serta belasan lainnya cedera akibat serangan yang menyasar kamp mereka di sebelah barat wilayah al-Tawal, Jizan,” ungkap Yahya Sari, juru bicara militer Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah, sembari menyebutkan bahwa kamp itu ditarget dengan rudal balistik “Badr F”.

Dia menambahkan bahwa serangan menimbulkan kepanikan hebat di barisan koalisi.

“Tidak ada tempat bagi pasukan agresor, pendudukan dan tentara bayaran sejak hari ini … Dan (serangan) selanjutnya akan lebih besar.”

Ansarullah telah beberapa kali mengancam akan meningkatkan penembakan rudal balistik ke wilayah negara-negara yang berpartisipasi dalam pasukan koalisi Arab, sebagai balasan atas agresi mereka terhadap Yaman.

Arab Saudi memimpin perang aliansi militer pasukan pro-Hadi melawan kelompok pejuang Ansarullah yang mereka tuding mendapat dukungan militer dari Iran.  Perang itu dikobarkan dengan dalih memulihkan pemerintahan Hadi.

Semula Saudi bersumbar akan dapat menumpas Ansarullah dalam hitungan hari atau minggu, namun perang di Yaman kini sudah berlangsung lebih dari empat tahun, sementara Ansarullah masih solid dan menguasai Sanaa, ibu kota Yaman, dan beberapa provinsi di negara ini. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*